KPK Sita Dokumen Proyek Terkait Suap Usai Geledah Kantor Bupati Buru Selatan

Laporan: Samsudin
Kamis, 20 Januari 2022 | 15:01 WIB
KPK geledah Kantor Bupati Buru Selatan/SinPo
KPK geledah Kantor Bupati Buru Selatan/SinPo

SinPo.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah Kantor Bupati Buru Selatan pada Rabu, (19/1) untuk mendalami dugaan suap terkait proyek infrastruktur di Buru Selatan pada 2011-2016.

Pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri mengatakan, dalam penggeledahan itu, tim penyidik menemukan dan mengamankan berbagai bukti.

“Di antaranya dokumen beberapa proyek pekerjaan, bukti dokumen lain mengenai dugaan aliran dana yang diterima oleh pihak-pihak yang terkait dengan perkara," kata Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/1).

KPK juga menggeledah Kantor BPKAD dan rumah pihak terkait dengan kasus ini. KPK menemukan dokumen serupa dari dua lokasi itu.

"Seluruh bukti ini akan disita dan didalami lebih lebih lanjut dengan mengonfirmasi ke saksi-saksi yang segera dipanggil tim penyidik," ujar Ali.

KPK mengembangkan kasus dugaan rasuah pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, pada 2021. Lembaga Antikorupsi menduga ada suap terkait pinjaman dana PEN daerah di kasus itu.
 
"Dalam pengembangan perkara ini, diduga ada tindak pidana korupsi lain, yaitu adanya pemberian dan penerimaan hadiah atau janji terkait pengajuan pinjaman dana PEN daerah tahun 2021," kata Ali Fikri sebelumnya.

Ali mengatakan KPK sudah menetapkan tersangka dalam pengembangan kasus ini. Namun, namanya masih dirahasiakan lantaran kebijakan pimpinan KPK periode saat ini.sinpo

Komentar: