Ahok Kandidat Terdepan Jadi Kepala Otorita IKN, Begini Kata Ketua Fraksi PDIP

Laporan: Ari Harahap
Kamis, 20 Januari 2022 | 16:33 WIB
Ketua F-PDIP DPR RI, Utut Adianto/SinPo/Ari Harahap
Ketua F-PDIP DPR RI, Utut Adianto/SinPo/Ari Harahap

SinPo.id - Nama politikus PDI Perjuangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ramai diperbincangkan akan menjadi Kepala Otorita IKN yang baru nanti.

Apalagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri telah memberikan bocoran terkait kriteria idamannya untuk menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

"Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek," kata Presiden Jokowi saat bertemu dengan beberapa pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1).

Dari salah satu kriteria tersebut, Jokowi tampaknya punya tendensi kuat untuk menunjuk Ahok. Karena, yang bersangkutan merupakan wakil sekaligus penerusnya dalam memimpin DKI Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR Utut Adianto mengatakan kewenangan penunjukan Kepala Otorita IKN sepenuhnya hak prerogatif Jokowi.

"Itu wilayahnya pak Jokowi (penunjukan Kepala Otorita IKN), kalau kami yang penting UU-nya sudah diketok," ujar Utut kepada wartawan di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (20/1).

Utut menjelaskan pihaknya saat ini lebih fokus agar UU ini implementasinya dapat berjalan di lapangan. Dia menyebut telah menyampaikan kepada Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pramono Anung.

"Dia (Jokowi) mau nunjuk siapapun yang dianggap kapabel ya boleh saja, saya gak biasa mengomentari orang," tandasnya.sinpo

Komentar: