Kronologi Tronton Tabrak 19 Kendaraan-Tewaskan 5 Orang Di Lampu Merah Balikpapan

Laporan: Jihan Nabila
Jumat, 21 Januari 2022 | 11:16 WIB
Tabrakan beruntun di Rapak Balikpapan/tangkapan layar
Tabrakan beruntun di Rapak Balikpapan/tangkapan layar

SinPo.id - Kecelakaan beruntun yang terjadi di Lampu Merah Muara Rapak, tepatnya di depan Mal Ramayana Departemen Store, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (21/1) pukul 06.19 Wita menewaskan 5 pengendara. Termasuk sepasang suami istri.

Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Sonny Irawan menjelaskan kronologis singkat kecelakaan tersebut. Ia mengatakan, sopir tronton berinisial MA yang membawa kendaraan bernopol  KT-8534-AJ itu, awalnya berangkat dari pool di Jl. Pulau Balang Km.13 Kelurahan  Karang Joang, Balikpapan Utara.

Kontainer itu membawa 20 Fit yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton hendak diantar ke Kampung Baru Balikpapan Barat.

“Sesampai di depan Rajawali Foto Km.0,5, sopit truck tronton sudah mulai mengurangi Porsneling dari 4-3. Sesampai di depan Bank Mandiri, rem sudah tidak berfungsi dan truck tronton meluncur kencang sehingga menabrak kendaraan yang ada di depannya.

Pada saat kecelakaan, trafic light Muara Rapak menunjukan warna merah.

“Seingat sopir truck tronton yang pertama kali di tabrak pengendara sepeda motor,” jelasnya, Jumat (21/1).

“Adapun data sementara, jumlah korban yakni meninggal 5 orang, luka berat 4 orang. Sementara korban luka ringan belum terdata,” jelasnya.

Sedangkan untuk kendaraan yang terlibat kecelakaan itu terdiri dari 6 mobil. Di antaranya 2 unit angkot warna merah dan biru, 2 unit mobil pribadi, 2 unit pick up serta kendaraan roda dua atau motor sebanyak 14 unit.

“Para korban dibawa ke RSU Khanujoso, RSU Beriman,” tegasnya.

Detik-detik kecelakaan

Detik-detik kecelakaan maut di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur terekam kamera pengawas milik instansi terkait, Dinas Perhubungan.  

Rekaman CCTV berdurasi 41 detik itu menunjukkan pukul 06.19, kawasan Jalan Soekarno Hatta, Muara Rapak, Balikpapan, Jumat (21/1) pagi sangat padat arus lalu lintasnya.

Tak ada yang mengira peristiwa kecelakaan maut bakal terjadi.

Hingga akhirnya terlihat di rekaman kamera intai ini, pada detik ke-20 truk jenis fuso KT 8534 AJ yang dikemudikan pria bernama Muhammad Ali (48) berkelok-kelok menghindari pengendara dari turunan Muara Rapak ini.

Sedetik kemudian, barulah terlihat truk tersebut datang melibas semua kendaraan yang tengah menunggu traffic light.

Truk kontainer berkelir merah ini melaju kencang dari arah jalan menurun menuju traffic light Muara Rapak, terlihat kendaraan roda dua dan empat tanpa ampun di libas kendaraan berat ini.

Diduga, truk tersebut mengalami rem blong, sehingga menabrak pengendara.

Kecelakaan maut yang melibatkan, mobil dan sepeda motor yang dihantam truk kontainer berwarna merah ini melaju kencang dari arah belakang atau jalan menurun Muara Rapak, terlihat jelas dalam rekaman CCTV.

Kerasnya benturan juga terlihat membuat para pengendara baik mobil atau pun motor terpental beberapa meter dari traffic light Muara Rapak.sinpo

Komentar: