KPK Periksa Ajudan-Sekjen DPC Demokrat Dalami Dugaan Suap Bupati PPU Abdul Gafur

Laporan: Samsudin
Jumat, 21 Januari 2022 | 12:46 WIB
KPK mengandekan pemeriksaan 6 saksi perihal dugaan suap Bupati PPU/net
KPK mengandekan pemeriksaan 6 saksi perihal dugaan suap Bupati PPU/net

SinPo.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemanggilan terhadap enam orang saksi dalam kasus dugaan suap Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Masud.

Di antara pihak yang dipanggil itu antara lain Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Demokrat Balikpapan Syamsudin alias Aco.

Selain itu, KPK juga memanggil ajudn Abdul Gafur yang bernama Surya Yudrian. Saksi lainnya yakni Bendahara Korpri Agus Suyadi serta Justan yang merupakan ASN.

"Hari ini (Jumat, 21/1) pemeriksaan saksi dan perkara TPK (tindak pidana korupsi) pengadaan barang dan jasa serta perizinan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, tahun 2021-2022," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (21/1).

Ali mengatakan Syamsudin diperiksa KPK di kantor Mako Brimob Polda Kaltim hari ini. Turut dipanggil Direktur Perumda Benuo Taka, Herianto dan pegawai PT Boreneo Putra Mandiri, Hajrin Zainudin.

Sebelumnya, Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap proyek pembangunan jalan bersama Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan Nur Afifah Balqis. KPK menyusuri ada-tidaknya aliran dana suap ke partai.
 

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan sejatinya kepala daerah bukan tidak mungkin akan berafiliasi dengan partai politik. Abdul Gafur pun diketahui merupakan kader Partai Demokrat.

"Kita semua tahu bahwa kepala daerah itu semua terafiliasi dengan partai. Kebetulan AGM ini juga dari Partai Demokrat," kata Alex dalam jumpa pers di gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (14/1).

Berikut daftar lengkap saksi yang diperiksa hari ini:

1. Justan (ASN)
2. Syamsudin Alias Aco (Sekjen DPC Demokrat)
3. Agus Suyadi (Bendahara Korpri)
4. Surya Yudrian (Ajudan Bupati)
5. Herianto (Direktur Perumda Benuo Taka)
6. Hajrin Zainudin (pegawai PT Borneo Putra Mandiri).sinpo

Komentar: