Giring Ke Venue Formula E Masih Sepi, Anies Baswedan: Kasihan Juga Ya

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 21 Januari 2022 | 18:39 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan/tangkapan layar YouTube Total Politik
Gubernur DKI Anies Baswedan/tangkapan layar YouTube Total Politik

SinPo.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan nampaknya kembali menyindir Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha yang meninjau lokasi pembangunan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Saat menjadi bintang tamu di Podcast akun YouTube Total Politik, Anies menyebut dirinya nggak ada waktu untuk keliling - keliling. Awalnya, Anies mengatakan, Formula E sudah ditetapkan dalam Perda dan harus dilaksanakan.

“Tugasnya Gubernur adalah melaksanakan semua peraturan perundangan, termasuk Formula E,” ungkap Anies.

“Penentuan lokasi Formula E sangat tekhnis. Bukan seperti penentuan apa, ya. Tekhnis sekali,” tuturnya.

Anies lantas ditanya tanggapanya tentang oknum yang sidak lokasi Formula E yang disambut kambing sambil bilang waktu 5 bulan mepet untuk membuat sirkuti Formula E?

Sambil tertawa Anies menjawab.

"Kasian juga ya waktunya longgar betul, kita-kita yang agak sibuk ini nggak cukup waktu untuk keliling-keliling, enggak perlu begitu," kata Anies dikutip di podcast itu, Jumat (21/1).

Anies kemudian enggan mengomentari aksi Giring lebih jauh.

"Saya nggak usah komentar deh yang itu," ujarnya tersenyum.


 

Anies mengatakan bahwa kritik itu tidak boleh dibungkam sebagai proses pendidikan bagi masyarakat. Namun, kritik yang disampaikan harus berdasarkan fakta agar tidak menimbulkan fitnah.

"Kalau kita menyampaikan kritik maka gunakan fakta, jangan gunakan fiksi apalagi fitnah, karena mau mengkritik, kalau mengkritik pake fakta. Sehingga bagi yang mendengarkan itu berfaedah." ungkap Anies.

"Menyampaikan fakta perspektifnya kritik nggak apa-apa, yang repot itukan perspektifnya kritik pake fiksi itu repot kita," tambahnya.

Anies memastikan sirkuit balap mobil listrik formula E akan rampung pada bulan Juni 2022 nanti, menjelang lima bulan pelaksanannya.

"Untuk hal-hal yang perlu pembuktian lihat nanti, karena itu bukti paling kuat atas apa yang kami rencanakan," ungkap Anies.

Seperti diketahui, Giring beberapa waktu lalu mengunjungi bakal digelarnya Formula E dilaksanakan. Dia lokasi tersebut, Ia mengeluhkan sejumlah hal sampai terperosok kedalam lumpur di bakal lokasi balapan Formula E.

Ketum PSI itu mengaku heran dengan pemandangan yang ditemukannya dan merasa miris karena tidak ada pekerja di sana dan hanya ketemu kambing.

 sinpo

Komentar: