Maruli Jadi Pangkostrad, Hensat: Kuatkan Jokowi Hanya Percaya Orang Dekat

Laporan: Ari Harahap
Minggu, 23 Januari 2022 | 12:26 WIB
Pendiri Lembaga Survei KedaiKopi, Hendri Satrio/Net
Pendiri Lembaga Survei KedaiKopi, Hendri Satrio/Net

SinPo.id - Penunjukan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) makin menguatkan lingkaran pertahanan dan keamanan negara dipegang oleh orang-orang dekat Presiden Joko Widodo.

Demikian disampaikan pendiri Lembaga Survei KedaiKopi, Hendri Satrio. Walau begitu Hensat memandang pemilihan Maruli sebagai hal yang wajar..

"Kita mengerti, presiden sebagai panglima tertinggi pasti ingin program keamanan berjalan baik. Yang dipilih ya yang deket dan dikenal beliau," ujat Hensat, dikutip dari RMOLBanten, Minggu (23/1).

Sebagai informasi, sebelum Maruli, awal pada penunjukan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Andika merupakan menantu AM Hendropriyono, yang tak lain merupakan orang dekat Presiden Jokowi.

Hal serupa terjadi kini, saat Andika menunjuk Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad.

Maruli merupakan menantu dari Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, yang juga sebagai orang dekat Presiden Jokowi.

"Yang dekat dengan Pak Jokowi kan Pak Hendro dan Luhut. Pak Hendro ada Andika (Panglima TNI) dan Maruli (menantu Luhut)," tandas Hensat.sinpo

Komentar: