Pak Jokowi! Ini Loh 5 Kriteria Ideal Calon Kepala IKN Dibanding Arsitektur

Laporan: Ari Harahap
Senin, 24 Januari 2022 | 11:17 WIB
Presiden RI Joko Widodo/net
Presiden RI Joko Widodo/net

SinPo.id - Kriteria Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan calon kepala otorita Ibu Kota Negara (IKN) memiliki kemampuan bidang arsitektur dinilai tidak mendesak karena hanya diperlukan saat pembangunan IKN.

Demikian disampaikan pengamat komunikasi politik M Jamiluddin Ritonga dalam keterangannya kepada SinPo.id, Senin (24/1).

"Terkait kriteria kemampuan bidang arsitektur tidak urgent, mengingat kapasitas tersebut hanya diperlukan saat pembangunan IKN," ujar Jamiluddin.

Akademisi Universitas Esa Unggul itu mengungkapkan keahlian di bidang arsitektur tersebut hanya akan bersifat sementara. 

"Kepala otorita IKN cukup didampingi konsultan yang mumpuni di bidang arsitektur," ungkapnya.

Jamiluddin menilai kepala otorita IKN sebaiknya punya kapasitas selevel menteri. Dia menyebut setidaknya ada lima kriteria yang minimal dimiliki kepala otorita IKN.

"Yaitu profesionalitas dan good governance, kapasitas intelek yang mumpuni di bidang manajemen IKN, berintegritas dan bermoral, akuntabilitas, serta mampu mengambil kebijakan dengan cepat dan tepat," katanya.

Sebelumnya diketahui, Presiden Jokowi telah memberikan bocoran terkait kriteria idamannya untuk menjadi Kepala Otorita IKN.

Presiden Jokowi menyebut kriteria calon pemimpin IKN yang diberi nama "Nusantara" itu paling tidak punya pengalaman memimpin daerah dan memiliki latar belakang seorang arsitek.

"Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek," kata Presiden Jokowi saat bertemu dengan beberapa pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1).sinpo

Komentar: