Masuk Kriteria Calon Kepala Otorita IKN, Ridwan Kamil Tunggu Keputusan Presiden

Laporan: Azhar Ferdian
Selasa, 25 Januari 2022 | 21:54 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Net
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Net

SinPo.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjadi satu di antara empat kandidat yang diproyeksikan menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Munculnya nama Ridwan Kamil itu dikaitkan dengan dengan pernyataan Presiden RI Jokowi yang ingin kepala badan otorita Ibu Kota Negara (IKN) dipimpin oleh seorang arsitek yang memiliki pengalaman menjadi seorang pemimpin daerah.

Merespons hal itu, Gubernur Jabar mengaku tidak ingin membahas hal yang belum jelas. Sebab, dirinya tidak ingin mendahului Pemerintah Pusat.

"Belum sinyal-sinyal. Jadi saya tidak bisa membahas yang belum pasti. Nanti panjang lebar ternyata keliru, kan malu sendiri. Tapi intinya kita tunggu saja," kata Ridwan, Selasa (25/1).

Lebih lanjut, Kang Emil menambahkan, kepala daerah atau pun mantan kepala daerah yang memiliki latar belakang arsitekur tak hanya dirinya seorang.

Selain Kang Emil, terdapat Gubernur Aceh; Nova Iriansyah, Walikota Makassar; Danny Pomanto; Mantan Gubernur Jatim; Tri Rismaharini, lalu dirinya.

"Kalau kepala daerah yang arsitek itu ada empat yang saya tahu. Gubernur Aceh (Nova Iriansyah); Mantan Gubernur Jatim, Tri Rismaharini; Pak Danny (Walikota Makassar), dan ke empatnya saya," lanjutnya.

Kendati begitu, Kang Emil meminta seluruh pihak turut mendoakan kelancaran pembangunan IKN baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Siapa pun yang terbaik dan negara butuhkan dalam membangun Ibu Kota baru, saya kira harus kita doakan yang terbaik," tuturnya.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Wandy Tuturoong mengatakan, memang idealnya adalah seseorang yang memiliki latar belakang membangun sebuah kota. Itu akan menjadi poin tambahan untuk menjadi Kepala otorita IKN baru.sinpo

Komentar: