Kerusuhan Di Penjara Meksiko, 9 Orang Tahanan Tewas

Laporan: Azhar Ferdian
Kamis, 27 Januari 2022 | 00:45 WIB
Kerusuhan di penjara Meksiko/Net
Kerusuhan di penjara Meksiko/Net

SinPo.id - Kerusuhan antar narapidana meletus di sebuah penjara di negara bagian Colima, Pantai Pasifik, Meksiko, Selasa (25/1). Kerusuhan ini menyebabkan sembilan tahanan tewas dan tujuh lainnya cedera. 

Departemen Keamanan Publik mengatakan, kerusuhan itu bermula dari perkelahian antara dua kelompok narapidana yang saling bersaing di sebuah blok sel. Departemen itu tidak mengatakan apa yang menyebabkan perselisihan itu. 

Seperti dilaporkan AP, polisi negara bagian, pasukan tentara, dan personel Garda Nasional mengambil alih kendali blok sel sekitar satu jam kemudian. 

Para pejabat mengatakan beberapa pisau buatan sendiri dan pistol ditemukan di dalam sel. Dalam sebuah pernyataan, kantor gubernur provinsi mengatakan penyelidikan telah diluncurkan atas insiden tersebut. 

Ia juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para tahanan yang kehilangan orang yang mereka sayangi. Perselisihan seperti itu sering dimulai oleh anggota kartel narkoba saingan yang dipenjara. 

Pelabuhan Colima telah lama menjadi sarang perdagangan narkoba. Narapidana juga sering melakukan kontrol tingkat tertentu di dalam penjara Meksiko yang dikelola dengan buruk dan sering menimbulkan masalah. 

Pada 8 Januari, kerusuhan meletus di dalam penjara Apodaca di luar wilayah utara kota Monterrey atas tahanan yang mencoba memeras uang dari orang lain, dan 56 narapidana dihujani dengan batu dan pemukulan. 

“Banyak narapidana di penjara Apodaca bekerja di pabrik industri dan setidaknya lima geng memeras uang dari narapidana lain di dalam tembok penjara,” kata Aldo Fasci, Sekretaris Keselamatan Publik untuk negara bagian Nuevo Leon. 

Pihak berwenang mengakui bahwa narapidana telah mengendalikan sebagian dari fasilitas.sinpo

Komentar: