Kecam Polisi Perkosa Mahasiswi, Habiburokhman: Kejar, Kalau Lari Tembak Kakinya

Laporan: Ari Harahap
Kamis, 27 Januari 2022 | 14:33 WIB
Anggota Komisi III DPR Habiburokhman/net
Anggota Komisi III DPR Habiburokhman/net

SinPo.id - Anggota Komisi III DPR Habiburokhman mengutuk keras perilaku anggota polisi yang memperkosa mahasiswi Universitas Lambung Mangkurat ketika sedang melaksanakan program magang di Satuan Reserse Narkoba Polresta Banjarmasin.

"Ya kita mengutuk keras, saya minta pelakunya diproses secara kedinasan dan diproses secara hukum," ujar Habiburokhman kepada wartawan di Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (27/1).

Bahkan, Habiburokhman meminta pelaku untuk ditembak kakinya bila melarikan diri. Dia meminta penegak hukum untuk memperlakukan anggota polisi tersebut layaknya pelaku tindak pidana lainnya.

"Kejar, kalo lari tembak kakinya ya dan perlakukan seperti halnya orang orang yang melakukan tindak pidana yang melarikan diri," tegasnya.

Legislator Partai Gerindra itu mengungkapkan pihaknya akan berangkat ke Kalimantan Selatan untuk memberikan atensi khusus terkait peristiwa ini. Dia mengingatkan agar pelaku diberikan hukuman yang tegas.

"Kalau tidak tegas kami akan protes kepada Kapolri, harus tegas," jelasnya.

Dia ingin pelaku dapat ditahan dan diproses secara hukum bila sudah terdapat bukti-bukti yang mencukupi. Dia tak ingin pelaku mendapatkan keistimewaan dalam proses hukum yang berlaku.

"Ya harus pecat dan harus dihukum berat," tegasnya.

Sebelumnya, seorang mahasiswi Universitas Lambung Mangkurat berinisial VDPS menumpahkan curhatannya di media sosial tentang kasus pemerkosaan yang menimpanya.

Curhatan itu kemudian viral dan menjadi perhatian publik Banjarmasin. Saat ini, pihak kampus juga sudah memberikan atensi terhadap kasus ini.sinpo

Komentar: