Total Kasus Omicron 1.998, Kemenkes: 3 Orang Meninggal Dunia

Laporan: Azhar Ferdian
Jumat, 28 Januari 2022 | 00:37 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin/Net
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin/Net

SinPo.id - Penderita Covid-19 varian Omicron yang meninggal bertambah menjadi tiga orang. Hal ini disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pasien dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (27/1). 

“Jadi total pasien yang sudah terkena Omicron sampai sekarang ada 1.988, ada tiga yang meninggal. Ini kita ikuti, kita teliti, kita research,” kata Budi.

Dia mengatakan dari 1.988 kasus Omicron, yang sudah sembuh atau selesai dirawat sebanyak 765 orang. 

“Yang dirawat, masih dirawat sejak awal Desember itu ada 854 yang pernah dirawat. Pasien Omicron masuk kategori asimtomatik atau OTG sebanyak 334. Sedangkan yang kategori sedang, yang artinya butuh oksigen ya dan berat itu biasanya masuk ICU itu ada 59,” paparnya. 

Menurut Budi, pasien Omicron yang masuk rumah sakit hanya sekitar 6-7% saja. 

“Dan ini buat gambaran teman-teman ya. Sebenarnya yang masuk rumah sakit, yang perlu masuk Rumah Sakit itu adalah yang 59 itu atau 59 itu sekitar berapa sekitar 6%, 7% dari yang dirawat sekarang,” katanya. 

“Jadi poin kedua, yang perlu dirawat hanya kalau dia membutuhkan oksigen. Berdasarkan datanya kita selama Omicron itu jalan sekitar 5 sampai 6% dari yang sekarang ada di rumah sakit,” ujarnya. 

Budi mengatakan bahwa pasien Omicron yang bergejala ringan bisa dirawat di rumah dan bisa sembuh sendiri. 

“Karena sebenarnya kalau dia nggak dirawat, di rumah aja sembuh sendiri karena itu tadi lebih ringan atau kalau dia ada gejala batuk-batuk, sedikit demam, pilek itu masuk rumah sakit termasuk kategori ringan dia bisa dirawat di rumah sendiri,” papar Budi.sinpo

Komentar: