TNI AL Buka Pendaftaran Komcad, Yudo Margono: Kuotanya Ada 500 Untuk Tahun 2022

Laporan: Ari Harahap
Jumat, 28 Januari 2022 | 12:36 WIB
KSAL Yudo Margono/SinPo/Ari
KSAL Yudo Margono/SinPo/Ari

SinPo.id - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memberikan informasi terkait rekrutmen pendaftaran komponen cadangan (komcad).

Yudo mengungkapkan kuota untuk matra laut sebanyak 500 orang yang nantinya akan ditempatkan pada divisi tersebut.

"(Komcad dibuka) ini tahun 2022. Kan kita dapat jatah 500 nanti," ujar Yudo Margono kepada wartawan di Jakarta, Jumat (28/1).

Namun, Yudo belum dapat memastikan bulan apa pendaftaran komcad ini akan dilaksanakan. Hal tersebut karena pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian Pertahanan (Kemhan).

"Belum ada direktif dari Kemhan. Pokoknya tahun 2022," jelasnya.

Dia menjelaskan pendaftaran komcad Angkatan Laut akan dibuka di sejumlah Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal).

Sedangkan untuk proses pendidikan bagi peserta komcad nantinya akan dilaksanakan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) dan Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar).

"Nanti di lantamal-lantamal sama seperti pendaftaran Angkatan Laut. Nanti kan pasti akan kita telegramkan di Lantamal-Lantamal. Nanti pendidikannya di Kodiklatal sama di Kodikmar," jelasnya.

Dia menuturkan para peserta komcad nantinya akan mempelajari pengawakan alutsista milik TNI AL.

"Sehingga nanti kita komponen cadangannya kita cari para personel-personel yang bisa mengawaki alutsista baik kapal maupun udara. Nanti sebagian memang untuk mengawaki, apa namanya, pasukan marinir," tandasnya.sinpo

Komentar: