Edy Mulyadi Siap Ke Kalimantan, Kuasa Hukum: Siapa Yang Mau Jamin Keamanannya?

Laporan: Ari Harahap
Jumat, 28 Januari 2022 | 14:16 WIB
Pengacara Edy Mulyadi, Herman Kadir/SinPo
Pengacara Edy Mulyadi, Herman Kadir/SinPo

SinPo.id - Ketua tim kuasa hukum Edy Mulyadi, Herman Kadir mengungkapkan kliennya siap hadir ke Kalimantan untuk menjelaskan pernyataan soal 'tempat jin buang anak'.

Namun, Herman meminta agar ada pihak yang dapat menjamin keamanan kliennya itu apabila benar nantinya akan datang ke Kalimantan.

"Pak Edy siap datang ke sana (Kalimantan), cuman persoalannya sekarang siapa yang menjamin keamanannya?" ujar Herman Kadir di Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/1).

Lebih lanjut, Herman juga membantah tuduhan yang dialamatkan kepada kliennya tersebut. Menurutnya, Edy Mulyadi tidak pernah menyebut Kalimantan sebagai tempat jin buang anak.

"Dalam pers conference Pak Edy itu sama sekali tidak pernah menyebut nama Kalimantan, tidak ada sama sekali. Menyinggung suku, ras, adat itu tidak ada sama sekali," tegasnya.

Sebelumnya, perwakilan masyarakat dayak yang tergabung dalam aliansi borneo bersatu mendatangi gedung DPR/MPR RI untuk menyampaikan keberatannya atas ucapan Edy Mulyadi soal 'tempat jin buang anak'.

Juru bicara aliansi borneo bersatu, H Rahmat Nasution Hamka mengungkapkan pihaknya menginginkan agar Edy Mulyadi dapat dihukum secara adat, selain juga diusut secara hukum oleh Polri.

"Itu adalah merupakan keharusan (hukum adat), hukum positif silahkan berjalan tapi untuk menebus secara moral kepada para leluhur kami," ujar Rahmat kepada wartawan usai menghadiri RDP dengan Komisi III DPR di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/1).sinpo

Komentar: