Vaksinasi Balita! BPOM Amerika Segera Ajukan Ijin Penggunaan Darurat Pfizer

Laporan: Samsudin
Jumat, 04 Februari 2022 | 08:45 WIB
BPOM Amerika ajukan izin penggunaan darurat vaksin untuk balita/net
BPOM Amerika ajukan izin penggunaan darurat vaksin untuk balita/net

SinPo.id - Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (AS), Food and Drug Administration (FDA), menjadwalkan pertemuan virtual dengan para penasihatnya pada 15 Februari guna membahas permohonan otorisasi izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech untuk dapat digunakan pada anak usia 6 bulan hingga 4 tahun.

Pfizer dan BioNTech memulai pengajuan bergulir (rolling submission) guna memperbarui izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 buatan mereka agar bisa digunakan oleh kelompok anak usia 6 bulan sampai 4 tahun, seperti diumumkan kedua perusahaan melansir Xinhua News, Jumat (4/2).

Mereka berharap penyelesaian pengajuan izin penggunaan darurat tersebut dapat terlaksana dalam beberapa hari mendatang. Adapun pengajuan ditujukan untuk otorisasi dua dosis 3 mcg pertama dari rangkaian primer tiga dosis yang direncanakan untuk kelompok usia tersebut.

Data terkait dosis ketiga yang diberikan setidaknya delapan pekan setelah penyuntikan dosis kedua diharapkan tersedia dalam beberapa bulan mendatang, dan akan diserahkan ke FDA untuk mendukung potensi perluasan izin penggunaan darurat yang diajukan ini, menurut kedua perusahaan.

FDA mengizinkan vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 untuk digunakan pada anak-anak usia 5-11 tahun pada Oktober 2021, dan belum lama ini mengizinkan penggunaan dosis penguat (booster) tunggal pada individu usia 12 hingga 15 tahun ke atas.sinpo

Komentar: