Pulang Umrah, 115 Jemaah Asal Jambi Positif Covid-19

Laporan: Azhar Ferdian
Selasa, 15 Februari 2022 | 20:32 WIB
Ibadah Umrah/Net
Ibadah Umrah/Net

SinPo.id - Sebanyak 115 anggota jemaah umrah asal Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Timur, Provinsi Jambi terkonfirmasi positif Covid-19 setelah pulang dari menunaikan ibadah haji kecil di Arab Saudi.

Sebelumnya 124 orang jemaah umrah asal Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini tiba di Jakarta pada Sabtu (12/2). Setelah menjalani tes PCR, sebanyak 92 orang jemaah dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Sementara 32 jemaah umrah yang dinyatakan negatif langsung dipulangkan ke Jambi. Namun, saat tiba di Jambi tim Satgas Covid-19 kembali melakukan tes PCR. Hasilnya 23 jemaah dinyatakan positif. Sementara 9 orang lainnya diperbolehkan pulang ke rumah karena dinyatakan negatif.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tanjab Timur, Sapril mengatakan 23 orang jemaah umrah yang dinyatakan positif langsung menjalani karantina di Mes PKK Tanjab Timur.

"Senin kemarin dilakukan tes kedua. Hasilnya sore tadi keluar negatif, maka diperbolehkan pulang," kata Sapril, Selasa (15/2).

Meski negatif, namun para jemaah umrah tetap disarankan untuk menjalani karantina atau isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Memang kondisi tanpa gejala. Tapi, bagi yang mau langsung pulang tetap diminta untuk melakukan karantina mandiri di rumah," kata Sapril.

Namun untuk 92 orang jemaah umrah yang masih berada di Jakarta kata Sapril masih harus menjalani karantina hingga beberapa hari ke depan sampai hasil tes dinyatakan negatif.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Abdullah Saman, mengatakan ada beberapa travel umrah yang sebelumnya menyampaikan laporan untuk pemberangkatan umrah. Namun, pihaknya belum mendapat laporan untuk pemulangan pada jadwal hari Minggu kemarin.

"Kan ada beberapa agen travel umrah yang memberangkatkan jemaah. Tapi yang pemulangan hari minggu kami belum menerima laporan," ujarnya singkat ketika dikonfirmasi.sinpo

Komentar: