Dewan Pers SinPo

Race MotoGP Mandalika Berpotensi Hujan, BRIN Lakukan Operasi Modifikasi Cuaca

Laporan: Samsudin
Sabtu, 19 Maret 2022 | 09:00 WIB
Warga menyambut antusias MotoGP Mandalika/net
Warga menyambut antusias MotoGP Mandalika/net

SinPo.id - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) siap mendukung kelancaran race MotoGP Mandalika dengan menyiapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Pasalnya, cuaca di wilayah NTB diprediksi berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin puting beliung.

Pelaksanaan operasi TMC di Mandalika merupakan tindaklanjut atas permintaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang disampaikan kepada BRIN melalui Surat Nomor: S-52/KA BNPB/PD.01/03/2022 tanggal 12 Maret 2022 perihal Permohonan Dukungan Kegiatan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca di NTB.

Pelaksanaan TMC tersebut juga didasarkan atas permintaan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah sehubungan dengan telah ditetapkannya status Siaga Darurat Bencana Banjir, Tanah longsor dan angin puting beliung di Provinsi NTB.

Operasi TMC di Mandalika kali ini terselenggara dengan dukungan 1 Unit armada pesawat Casa 212-200 dari Skadron 4 TNI AU Lanud Abdulrahman Saleh Malang.

Komando operasi dipegang oleh M. Djazim Syaifullah, staff pelaksana dari Laboratorium Pengelolaan TMC yang ditunjuk sebagai Koordinator Lapangan untuk Operasi TMC di Mandalika.

Plt. Direktur Penguatan dan Kemitraan, Infrastruktur Riset dan Inovasi, Salim Mustofa, menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan TMC.

“BRIN siap berpartisipasi turut mensukseskan penyelenggaraan seri MotoGP Mandalika 2022 melalui dukungan operasi TMC,” katanya.

Lanjutnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan BNPB, Kemenko Marves dan TNI-AU untuk melaksanakan operasi TMC di Mandalika pada 17-20 Maret 2022 dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya hujan di sirkuit International Mandalika.

“Kami telah mengirimkan 15 personil dari Laboratorium Pengelolaan TMC dan Sekretariat Deputi Infrastruktur Riset dan Inovasi untuk menjalankan tugas negara tersebut,” tegas Salim dikutip dari laman BRIN, Sabtu, (19/3).

Sebelumnya, Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat BNPB, Rustian berkesempatan mengunjungi Pos Komando (Posko) operasi TMC di Mandalika yang berlokasi di Base Ops Lanud Zainuddin Abdul Majid di Bandara International Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Kami berharap BRIN mampu mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrim saat penyelenggaraan MotoGP di Mandalika yang berlangsung sejak hari ini hingga 20 Maret 2022 mendatang,” harapnya.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER
04