LAN-Pemprov Jambi Dan Pemkab Tebo Teken MoU Pengembangan Kapasitas ASN

Laporan: Samsudin
Sabtu, 19 Maret 2022 | 10:58 WIB
LAN teken kerjasama dengan Pemprov Jambi dan Pemkab Tebo/ist
LAN teken kerjasama dengan Pemprov Jambi dan Pemkab Tebo/ist

SinPo.id - Lembaga Administrasi Negara (LAN) terus berupaya untuk mendorong pengembangan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) menuju Birokrasi berkelas Dunia (World Class Bureaucracy ).

Eksistensi ini dibuktikan dengan terus berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai instansi termasuk Pemerintah Daerah.

Hal ini diungkapkan Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, saat memberikan sambutan dalam Penandatanganan Nota Kesepakatan antara LAN dengan Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Tebo yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor LAN, Jalan Veteran Nomor 10 Jakarta Pusat, Jumat (18/3).

Adi Suryanto menjelaskan, tujuan dari penandatanganan nota kesepakatan ini adalah meningkatkan mutu kualitas birokrasi terutama Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur.

Seperti diketahui bahwa sehebat apapun visi dan misi Kepala Daerah, Gubernur atau Bupati jika tidak dapat diimplementasikan oleh tataran ASN dibawahnya, maka tidak akan memberikan dampak kepada masyarakat.

“Maka dibutuhkan ASN yang mampu menerjemahkan visi misi kepala daerah menjadi aksi, disinilah peran penting ASN sebagai aset organisasi atau human capital yang harus senantiasa ditingkatkan kompetensinya” jelasnya.

Kepala LAN juga mengapresiasi komitmen kedua pemimpin daerah dalam hal ini Gubernur Jambi dan Bupati Tebo yang berupaya untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan melalui peningkatan kapasitas SDM aparaturnya.

Oleh karena itu, LAN mendorong kedua pemerintah daerah ini untuk dapat menyusun rencana pengembangan kompetensi aparatur sehingga dapat mendesain beberapa program pengembangan kompetensi yang dapat menjawab kebutuhan kompetensi dari setiap pegawai.

“Sementara itu dari sisi inovasi, LAN telah melakukan pendampingan daerah-daerah untuk melakukan inovasi melalui kegiatan Laboratorium Inovasi,” katanya.

Katanya, memang awalnya inovasi menjadi momok tersendiri bagi kepala daerah, namun seiring berjalannya waktu inovasi tersebut mulai dirasakan manfaatnya bagi masyarakat luas.

“Oleh karenanya sekarang kepala daerah berlomba-lomba untuk melakukan inovasi. Maka harapannya, kerjasama ini tidak tidak berhenti dipenandatanganan saja, tetapi dapat direalisasikan melalui program-program yang dapat ditindaklanjuti,” tambahnya.

Adi mengungkapkan, Nota Kesepahaman atau kerjasama antara 2 (dua) Mitra Kerja Sama dengan LAN pada kesempatan ini sudah mencakup dan in line dengan tugas, fungsi, dan kewenangan yang yang diamanatkan kepada LAN.

Atas dasar tersebut, LAN membuka peluang yang seluas luasnya untuk para mitra kerja sama bisa memanfaatkan segala potensi yang ada di LAN, sehingga tercipta kolaborasi dan sinergitas yang kuat.

“Kami percaya akan pentingnya pelaksanaan kegiatan yang kolaboratif dan saling support antar instansi pemerintah, karena selain dapat saling memanfaatkan keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing instansi, kegiatan kolaboratif juga merupakan upaya untuk mengikis silo mentality yang seringkali terjadi pada birokrasi pemerintahan,” tutupnya

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris juga mengapresiasi upaya sinergi dan kolaborasi ini. Harapannya, LAN dapat mendukung upaya pemerintah Provinsi Jambi dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM aparatur melalui pengambangan kompetensi.

Sejalan dengan hal itu, Bupati Tebo, Sukandar juga berharap Kabupaten Tebo dapat memperbaiki nilai indeks inovasi daerah, setidaknya mampu bersaing dengan kabupaten lainnya.sinpo

Komentar: