Menhan Prabowo Dan Komandan US Indo-Pacific Command Bahas Sejumlah Isu Strategis

Laporan: Samsudin
Selasa, 22 Maret 2022 | 19:52 WIB
Menhan Prabowo dan Laksamana John C Aquilino/Twitter@Kemhan_RI
Menhan Prabowo dan Laksamana John C Aquilino/Twitter@Kemhan_RI

SinPo.id - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Komandan Armada Militer AS di kawasan Indo-Pasifik (US Indo-Pacific Command/USINDOPACOM) Laksamana John C Aquilino beserta delegasi, di Kemhan, Jakarta, Senin (21/3).

Pertemuan tersebut membahas sejumlah hal, di antaranya modernisasi pertahanan yang termasuk pelatihan dan pendidikan hasil kerja sama Departemen Pertahanan AS dengan Kemhan RI.

Selain itu, juga isu dan tantangan di Laut China Selatan, strategi AS di kawasan Indo-Pasifik pada tahun 2022, dan perkembangan perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Dalam pertemuan tersebut Menhan Prabowo juga menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan oleh USINDOPACOM baik dalam bidang pertahanan maupun bantuan kemanusiaan yang diberikan pada bencana gempa bumi di Aceh, Padang, dan pencarian KRI Nanggala-402.

Indonesia dan AS telah menjalin kerja sama pertahanan sejak tahun 1950 dan pada Oktober 2020 telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan di berbagai bidang, salah satunya di bidang pendidikan dan pelatihan untuk Taruna atau Kadet TNI di berbagai lembaga pendidikan militer di AS.

Kerja sama pertahanan antara Indonesia dan AS mencakup dialog dan konsultasi bilateral tentang isu-isu keamananan bersama, peningkatan Sumber Daya Manusia, pengembangan kapasitas keamanan maritim, kerja sama logistik dan persediaan militer, kerja sama maritim, pengadaan pertahanan dan penelitian dan pengembangan bersama, profesionalisme personel, kerja sama operasi dan pelatihan pemeliharaan perdamaian, bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana, serta penanganan ancaman transnasional.

Saat menerima Komandan USINDOPACOM ini Menhan Prabowo didampingi oleh Wamenhan RI M. Herindra, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Asisten Khusus Menhan I Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Asisten Khusus Menhan IV Laksdya TNI (Purn) Didit Herdiawan.

Turut mendampingi Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Rodon Pedrason, dan Kabainstrahan Kemhan Mayjen TNI Yudi Abrimantyo. Sedangkan Admiral John C. Aquilino didampingi oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia H.E. Mr. Sung Y. Kim, Foreign Policy Advisor Jennifer C. Galt, Atase Pertahanan AS untuk Indonesia Col. Leo Liebreich, Commanders Action Group Dr Richard Berry, dan Executive Assistant Capt. (N) Gregory D. Newkirk.sinpo

Komentar: