Dewan Pers SinPo

Awas, Gunakan Pedestrian Sebagai Tempat Parkir Di Tangsel Bakal Ditindak Tegas

Laporan: Azhar Ferdian
Selasa, 19 April 2022 | 21:52 WIB
Penertiban Pedestrian di Kota Tangsel/Foto: Dok Dishub Kota Tangsel
Penertiban Pedestrian di Kota Tangsel/Foto: Dok Dishub Kota Tangsel

SinPo.id - Dinas Perhubungann (Dishub) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menindak tegas keberadaan parkir liar dan pedagang di pedestrian. Pasalnya banyak keluhan warga terkait berubah fungsinya pedestrian menjadi parkir liar.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Tangsel Muhammad Syaiful mengatakan pihaknya sudah memberi imbauan kepada pedagang dan pelaku parkir liar yang berada di pedestrian. Antara lain di Jalan Raya Pahlawan Seribu, Jalan Ciater Raya, Jalan Tekno Widya dan jalan-jalan raya lainnya yang ada di Tangsel.

"Kami berikan teguran secara persuasif kepada pelaku usaha agar tidak menggunakan trotoar sebagai usaha ataupun parkir diatasnya. Surat imbauan pun sudah kami layangkan kepada mereka (pelaku usaha)," kata Syaiful di Serpong, Selasa (19/4).

Selain anak memberikan tindakan tegas, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada para pedagang untuk tidak mengunakan pedestrian sebagai tempat parkir.  

"Kami sudah memberikan teguran, imbauan kepada para pedagang untuk tidak menggunakan pedestrian. Jika melanggar ya akan ada sanksi tegas," katanya.

Kepala Dishub Kota Tangsel Chaerudin mengatakan, pengawasan terhadap infrastruktur jalan, salahsatunya pedestrian, akan dilakukan secara intensif. Para petugas pun telah berupaya dengan maksimal untuk menertibkan kendaraan-kendaraan yang bandel dengan parkir di pedestrian dan bahu-bahu jalan.

"Petugas-petugas kita di sini kan setiap hari melakukan pengawasan di jalan-jalan raya, mereka menegur dan memberikan edukasi kepada pemilik usaha maupun pemilik kendaraan," tandasnya.

Selain memberikan edukasi, kata Chaerudin, para petugas dari Dishub Tangsel juga melakukan pendataan secara detail terkait situasi di lapangan. Dari semua data yang di dapat petugas di lapangan, selanjutnya akan dilakukan evaluasi dalam hal penanganannya.

"Nanti kami evaluasi lagi secara berkala. Pengawasan secara intens juga akan terus dilakukan," tambahnya.sinpo

Komentar: