Mantan Walikota Banjar Herman Sutrisno Segera Duduk Di Kursi Pesakitan

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 22 April 2022 | 13:02 WIB
KPK segera sidang eks Walikota Banjar, Herman Sutrisno/SinPo.id
KPK segera sidang eks Walikota Banjar, Herman Sutrisno/SinPo.id

SinPo.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyerahkan barang bukti dan tersangka mantan Walikota Banjar Herman Sutrisno (HS) ke tim Jakasa agar dapat segera disidangkan.

Herman merupakan tersangka kasus dugaan korupsi terkait proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar, Jawa Barat tahun 2012-2017.

"Tim penyidik, Kamis (21/4), telah selesai melaksanakan tahap II, yaitu penyerahan tersangka dan barang bukti untuk tersangka HS pada tim jaksa," kata Pelaksana tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (22/4).

Ali menjelaskan, berdasarkan penelitian berkas perkara secara keseluruhan baik syarat formal dan materiilnya telah dinyatakan lengkap oleh tim jaksa. 

Penahanan terhadap Herman tetap masih dilakukan oleh tim jaksa selama 20 hari kedepan, sampai dengan 10 Mei 2022, di Rumah tahanan (Rutan) KPK pada Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Kemudian, tim Jaksa akan segra menyusun berkas perkara dan surat dakwaan untuk kemudian dilimpahkan ke pengadilan Tindak pidana korupsi (Tipikor) dalam waktu 14 hari kerja. 

"Persidangan diagendakan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Bandung," ujar Ali.

Dalam perkara ini, selain menetapkan mantan Walikota Banjar Herman Sutrisno, KPK juga telah menetapkan Rahmat Wardi (RW) dari pihak swasta/Direktur CV Prima sebagai tersangka.

Dalam konstruksi perkara, KPK menyebut Rahmat sebagai salah satu pengusaha jasa konstruksi di Kota Banjar diduga memiliki kedekatan dengan Herman selaku Wali Kota Banjar periode 2008-2013.

Sebagai wujud kedekatan tersebut, KPK menduga sejak awal telah ada peran aktif dari Herman di antaranya dengan memberikan kemudahan bagi Rahmat untuk mendapatkan izin usaha, jaminan lelang, dan rekomendasi pinjaman bank sehingga Rahmat bisa mendapatkan beberapa paket proyek pekerjaan di Dinas PUPRPKP Kota Banjar.sinpo

Komentar: