MPKU Muhammadiyah Terjunkan Relawan Edukasi Prokes Dan Vaksinasi Pemudik

Laporan: Ari Harahap
Senin, 25 April 2022 | 12:01 WIB
MPKU Muhammadiyah terjunkan relawan untuk vaksinasi pemudik/net
MPKU Muhammadiyah terjunkan relawan untuk vaksinasi pemudik/net

SinPo.id - Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, akan menerjunkan tim relawan untuk melakukan edukasi protokol kesehatan dan vaksin Covid-19.

Hal itu sebagai pengingat bagi para pemudi untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi sebelum perjalanan.

Pada masa cuti Idul Fitri 1443 H atau liburan lebaran tahun 2022, pemerintah secara resmi mengizinkan masyarakat kembali melakukan tradisi mudik lebaran.

Sehingga, antusiasme pemudik yang sangat tinggi diperlukan antisipasi demi keamanan dan kesehatan bagi para pemudik.

Koordinator Relawan, Dede Dwi Kurniasih mengatakan, Tim RCCE MPKU PP Muhammadiyah akan bekerja di delapan kota, yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Pekalongan, Semarang, Surabaya dan Makassar.

Tim daerah akan menugaskan relawan-relawan edukasi, pada titik-titik penting jalur mudik, seperti terminal, stasiun keberangkata dan kedatangan, rest area, posko mudik, lokasi mudik gratis atau bareng dan lain-lain yang akan bekerja dimulai pada tanggal 27 Mei 2022 hingga 3 Mei 2022.

“Dalam hal ini, pemudik dapat juga meminta bantuan kepada relawan tIm RCCE MPKU PP Muhammadiyah, jika membutuhkan pertolongan kesehatan,” kata Dede dalam keterangannya, Senin (25/4).

Diharapkan pemudik tidak perlu merasa takut atau khawatir. Jika mendapati gangguan kesehatan selama perjalanan mudik, sebaiknya dapat meminta bantuan relawan.

MPKU PP Muhammadiyah melalui Tim RCCE selama pandemi Covid-19 ini, telah melakukan edukasi 3M+ dan vaksinasi kepada lapisan masyarakat. Tim RCCE berupaya untuk memutus rantai persebaran Covid-19 melalui edukasi protokol kesehatan dan ajakan vaksinasi.

“Kegiatan edukasi bagi pemudik ini berharap jadi upaya untuk memastikan perjalanan mudik akan berlangsung aman dan sehat. Mengingat pandemi belum berakhir ini sebagai upaya pencegahan adanya kenaikan kasus Covid-19,” tandasnya.sinpo

Komentar: