Dewan Pers SinPo

DPR Apresiasi Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran 2022

Laporan: Ari Harahap
Jumat, 06 Mei 2022 | 14:00 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi kinerja Kepolisian RI (Polri) yang dinilai berhasil membuat mudik Lebaran 2022 berjalan dengan baik dan lancar. 

Terlebih, kata Sahroni, pekerjaan mengamankan mudik kali ini pasti berat karena sudah 2 tahun tidak ada tradisi silaturahmi ke kampung halaman.

“Tapi saya pantau sampai hari ini pihak kepolisian berhasil membuat mudik kondusif.” ujar Sahroni dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (6/5).

Sahroni mengatakan, masih ada masyarakat yang belum menerima aturan mudik kali ini, tapi kepolisian tetap bekerja dengan baik. Juga sigap dalam menangani kepadatan lalu lintas selama mudik Lebaran tahun ini.

“Kebijakan yang diambil, walau tidak semua happy, tapi jelas tepat sasaran. Polri tak hanya menurunkan lebih dari seratus ribu anggotanya, namun turut berkolaborasi dengan Kemenhub dan institusi terkait lainnya untuk mengurai kepadatan jalanan,” katanya.

Kepada masyarakat, Sahroni mengimbau, agar senantiasa mematuhi segala arahan dan peraturan dari pihak kepolisian dan stakeholders terkait yang membuat mudik Lebaran berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar. 

“Saya berharap masyarakat mengikuti segala arahan yang sudah disiapkan agar arus balik ini bisa berjalan sesuai dengan rencana yang disiapkan,” imbaunya.

Sebagai informasi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran akan terjadi pada Minggu (8/5) nanti. Puncak arus balik mudik terjadi seiring dengan berakhirnya pemberlakuan cuti bersama yang diberikan pemerintah.

Corporate Communication and Community Development Group Head Dwimawan Heru mengimbau kepada para pemudik untuk tidak kembali dari kampung halaman di tanggal yang diperkirakan akan menjadi puncak arus mudik Lebaran tahun ini.

“Jangan berangkat pada puncak arus balik di tanggal 8 Mei atau tanggal-tanggal sekitar itu. Jadi jangan pergi tanggal 7 atau tanggal 8, kalau bisa lebih awal. Jadi kalau bisa jalan di tanggal 5, tanggal 6,” kata Heru.sinpo

Komentar: