Asian Games 2022 Di China Resmi Ditunda Ke 2023

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 06 Mei 2022 | 23:55 WIB
Ilustrasi. Asian Games di China ditunda ke 2023/net
Ilustrasi. Asian Games di China ditunda ke 2023/net

SinPo.id - Penyelenggaraan Asian Games 2022 yang berlangsung di kota Hangzhou, China pada 10-25 September mendatang resmi ditunda oleh Komite Olimpiade Asia (OCA).

Pihak OCA memaparkan, penundaan dilakukan hingga 2023 disebabkan oleh kondisi pandemi Covid-19 di wilayah tersebut. Namun belum ada tanggal pasti terkait penyelenggaraan itu.

"Keputusan itu diambil oleh semua pemangku kepentingan setelah mempertimbangkan dengan cermat situasi pandemi dan ukuran Olimpiade," ujar lembaga OCA seperti dikutip Reuters, Jumat (6/5).

Namun, OCA tetap mengapresiasi langkah yang dilakukan Panitia penyelenggara Hangzhou (HAGOC) yang disebut-sebut telah merampungkan 56 venue untuk gelaran yang melibatkan 11 ribu atlet dari 44 negara ini.

"Nama dan lambang Asian Games ke-19 tidak akan berubah, dan OCA percaya bahwa Asian Games akan mencapai kesuksesan penuh melalui upaya bersama semua pihak," pungkas lembaga OCA.

Perhelatan Asian Games 2022 dipertanyakan setelah kota-kota utama di China, seperti Shanghai dan juga beberapa distrik di Beijing baru-baru ini menjalani masa karantina wilayah karena wabah Covid-19.

Hal ini pun mendorong gelaran olahraga lainnya untuk dihentikan sementara waktu. Salah satunya adalah kompetisi sepak bola Liga Super China.sinpo

Komentar: