Jadwal Masuk Sekolah Diundur Ke 12 Mei, Legislator Senayan: Keputusan Bagus, Harus Diapresiasi

Laporan: Samsudin
Sabtu, 07 Mei 2022 | 15:00 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf Macan Effendi/net
Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf Macan Effendi/net

SinPo.id - Sejumlah legislator senayan memberikan apresiasi terhadap pemerintah yang mengundur jadwal masuk sekolah dari semula 9 Mei ke tanggal 12 Mei. Keputusan tersebut dinilai berdampak baik kepada para guru, sehingga harus diapreasi.

Wakil Ketua Komisi V DPR, Syaifullah Tamliha menilai salah satu upaya pemerintah untuk menambah libur sekolah demi mengurai kemacetan arus balik Lebaran sudah tepat.

"Kebijakan pemerintah tersebut perlu diapresiasi sebagai bentuk upaya mengatur waktu libur agar tidak terjadi penumpukan arus balik," ujar Syaifullah mengutip Republika, Sabtu (7/5).

Ia menjelaskan, perpanjangan libur sekolah tak hanya berlaku bagi para siswanya. Namun, juga berlaku kepada para guru, tenaga pendidik, hingga karyawan yang bekerja di sekolah.

"Keputusan tersebut bagus mengingat kemungkinan para gurunya juga sedang mudik dan berdampak untuk mengurai potensi kemacetan arus balik lebaran. Meskipun jika pendidikan jarak jauh dilakukan, dalam ruang digital tetap bisa dilakukan kegiatan belajar," ujar Syaifullah.

Hal senada disaampaikan Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf Macan Effendi.

"Saya setuju dengan jadwal masuk diundur sampai tanggal 12. Apalagi mungkin guru juga banyak yang terjebak di perjalanan," ujar Dede, Jumat (6/5).

Menurutnya, penambahan masa libur berdampak baik kepada para guru, tenaga pendidik, hingga karyawan yang bekerja di sekolah. Para orang tua juga tidak terburu-buru kembali untuk mengejar jadwal masuk anaknya.

"Memang sudah dua tahun masyarakat tidak mudik dan tahun ini pertama dibuka kembali, pasti sangat padat sekali. Jadi orang tua juga tidak bisa memaksakan harus buru-buru kembali, malah bisa membahayakan di perjalanan," ujar Dede.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, keputusan mengubah jadwal masuk sekolah setelah Lebaran 2022 adalah langkah yang tepat.

Dia mengatakan, langkah mengubah jadwal masuk sekolah ini untuk menghindari kemacetan parah di puncak arus balik yang akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.

"Perubahan tanggal masuk sekolah setelah libur lebaran ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas pada arus balik lebaran 2022," ujar Muhadjir di Jakarta pada Kamis (5/5).sinpo

Komentar: