Bentrokan Geng Los Lobos Vs R7 Tewaskan 43 Napi Di Penjara Ekuador, 108 Orang Kabur

Laporan: Samsudin
Selasa, 10 Mei 2022 | 09:29 WIB
Petugas berjaga di luar penjara Santo Domingo de los Colorados, Ekuador/Johanna Alarcon/Reuters
Petugas berjaga di luar penjara Santo Domingo de los Colorados, Ekuador/Johanna Alarcon/Reuters

SinPo.id - Bentrokan dua geng di dalam penjara Ekuador, tepatnya penjara Bellavista di Santo Domingo de los Colorados, sekitar 80 km (50 mil) dari ibu kota, Quito, Senin (10/5) waktu setempat menewaskan sedikitnya 43 orang napi.

Dua geng yang bersaing itu yakni Los Lobos dan geng R7 menurut pejabat setempat.

"Untuk saat ini ada 43 narapidana yang tewas," kata kantor kejaksaan setempat melalui via cuitan di Twitter.

Dengan kejadian ini, para kerabat dari mereka yang ditahan di penjara berkumpul di luar fasilitas untuk mencoba mendapatkan informasi tentang apa yang terjadi, kantor berita AFP melaporkan, sementara tahanan dengan cedera wajah dibawa dengan truk dan ambulans ke fasilitas medis.

Menteri Dalam Negeri Patricio Carrillo mengatakan perkelahian pecah pada dini Senin pagi, memicu "protokol keamanan" untuk mencoba menahan situasi.

Setidaknya 112 tahanan yang mencoba melarikan diri selama kerusuhan ditangkap kembali oleh pasukan keamanan di dalam penjara, kata Carrillo, sementara 108 narapidana lainnya masih buron.

Insiden tersebut merupakan aksi kekerasan mematikan terbaru yang terjadi di sebuah penjara Ekuador dalam beberapa bulan terakhir, setelah lebih dari 100 narapidana tewas dan puluhan lainnya terluka dalam kerusuhan di sebuah fasilitas di Guayaquil, sekitar 400 km (250 mil) dari Quito, di September tahun lalu.

Kerusuhan Penitenciaria del Litoral mendorong pemerintah untuk menyatakan keadaan darurat dan mengerahkan ratusan polisi dan perwira militer ke penjara. Negara itu juga berjanji untuk mengampuni sebanyak 2.000 narapidana dalam upaya untuk mengurangi kepadatan di fasilitas tersebut.sinpo

Komentar: