Innalillahi?Presiden UEA Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan Wafat Di Usia 73 tahun

Laporan: Samsudin
Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:15 WIB
Presiden UEA Sheikh Khalifa wafat diusia 73 tahun/reuters
Presiden UEA Sheikh Khalifa wafat diusia 73 tahun/reuters

SinPo.id - Kabar duka. Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan wafat diusia tahun, menurut kantor berita negara Emirat WAM.

“Kementerian Kepresidenan mengumumkan bahwa akan ada 40 hari berkabung resmi dengan bendera setengah tiang dan tiga hari penutupan kementerian dan entitas resmi di tingkat federal dan lokal dan sektor swasta,” tulis badan tersebut di Twitter pada Jumat, (13/5).

Sheikh Khalifa diyakini sebagai salah satu penguasa terkaya di dunia dengan kekayaan pribadi yang diperkirakan oleh majalah Forbes pada tahun 2008 sebesar $19 miliar.

Ia diketahui memiliki delapan anak – dua putra dan enam putri – dengan istri pertamanya, Sheikha Shamsa binti Suhail Al Mazrouei. Ia juga meninggalkan beberapa cucu.

Sheikh Khalifa jarang terlihat di depan umum sejak menderita stroke pada tahun 2014, dengan saudaranya, Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed (dikenal sebagai MBZ) dipandang sebagai penguasa de facto dan pembuat keputusan keputusan kebijakan luar negeri utama, seperti bergabung dengan perang yang dipimpin Saudi di Yaman dan mempelopori embargo terhadap negara tetangga Qatar dalam beberapa tahun terakhir.

“UEA telah kehilangan putra dan pemimpinnya yang saleh dari ‘fase pemberdayaan’ dan penjaga perjalanannya yang diberkati,” kata MBZ di Twitter, memuji kebijaksanaan dan kemurahan hati Khalifa.

Di bawah konstitusi, Wakil Presiden dan Perdana Menteri Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, penguasa Dubai, akan bertindak sebagai presiden sampai dewan federal yang terdiri dari para penguasa tujuh emirat bertemu dalam waktu 30 hari untuk memilih presiden baru.sinpo

Komentar: