Koalisi Indonesia Bersatu Terbentuk, Sinyal Bakal Ada 3 Pasang Calon Di Pilpres 2024

Laporan: Azhar Ferdian
Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:39 WIB
Koalisi Indonesia Bersatu/Net
Koalisi Indonesia Bersatu/Net

SinPo.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memprediksi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan diikuti oleh tiga pasangan calon menyusul terbentuknya 'Koalisi Indonesia Bersatu' yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Koalisi tersebut diketahui memenuhi syarat mengusung calon presiden. Jika ditotal, gabungan perolehan suara Golkar, PAN, dan PPP mencapai 23,67 persen atau lebih 3 persen dari ambang batas 20 persen.

"Tentu kami mengapresiasi pertemuan tiga partai. Ini bagian dari mencari alternatif-alternatif untuk masyarakat. Dengan pertemuan ini, saya melihat di Pemilu 2024 akan ada tiga pasang calon," ujar Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu PKB Jazilul Fawaid dalam keterangan pers, Sabtu (14/5).

Soal sikap partai mengenai koalisi tersebut, Jazilul menyatakan PKB terbuka untuk berkomunikasi dengan partai mana pun.

Ia mengatakan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) pun sudah berkomunikasi dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan sejumlah partai politik lain.

"Gus Muhaimin sudah berkomunikasi dengan Pak Airlangga dan juga dengan parpol lain, tetapi untuk tiga parpol yang berkumpul kemarin, PKB belum memastikan sikapnya, apakah bareng-bareng atau nanti membangun koalisi yang lain," ucapnya.

Jazilul yang merupakan Wakil Ketua MPR ini berharap partai politik segera menentukan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung di 2024, sehingga masyarakat bisa memberikan penilaian.

Dia menegaskan PKB memiliki 9.69 persen suara sejak awal mendukung Cak Imin untuk maju sebagai calon presiden.

"Jadi, tidak mendadak-mendadak. PKB sendiri sudah jelas mengusung Gus Muhaimin sebagai capres 2024," kata dia.

Diberitakan, Golkar, PAN, dan PPP sepakat membangun koalisi gagasan jelang Pemilu 2024 dengan nama Koalisi Indonesia Bersatu.

Kesepakatan membangun koalisi itu terjalin usai tiga ketua umum dari tiga partai politik tersebut menggelar pertemuan di Menteng, Jakarta pada Kamis kemarin (12/5).

"Dengan visi partai yang dimilikinya dan berbagai pengalaman politik, kesemuanya bersepakat untuk menyatukan diri membangun koalisi yang disebut Koalisi Indonesia Bersatu," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily, Jumat (13/5).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan, para ketua umum dari ketiga partai telah melakukan komunikasi yang cukup intens sebelum melakukan pertemuan hingga terbentuknya koalisi ini.

Menurut Eddy tidak ada inisiator soal pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu. Ia pun memastikan tidak ada intervensi pihak lain dalam pembentukan koalisi, terutama pihak Istana.sinpo

Komentar: