Prabowo Datangi Mausoleum Ho Chi Minh Di Vietnam

Laporan: Ari Harahap
Minggu, 15 Mei 2022 | 16:49 WIB
Menhan Prabowo saat mengunjungi Maosoleum Ho Chi Minh/net
Menhan Prabowo saat mengunjungi Maosoleum Ho Chi Minh/net

SinPo.id - Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Vietnam, Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto berkesempatan melakukan ziarah ke Mausoleum Ho Chi Minh yang merupakan tempat peristirahatan proklamator sekaligus presiden pertama Vietnam Ho Chi Minh di Hanoi, Vietnam.

"Presiden Ho Chi Minh adalah inspirasi dan contoh yang baik untuk semua orang yang mencintai kebebasan di dunia. Ia adalah pahlawan besar dalam perjuangan melawan kolonialisme, imperialisme, dan ketidakadilan," tulis Prabowo dalam buku tamu Mausoleum saat berkesempatan mengunjungi ruang kerja Presiden Ho Chi Minh, dikutip dari keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (15/5).

Kedatangan Prabowo ke Mausoleum disambut secara resmi sebagai tamu kenegaraan Vietnam. 

Setibanya di Mausoleum, Prabowo menuju ke makam Presiden Ho Chi Minh kemudian meletakkan karangan bunga dan memberikan penghormatan.

Ho Chi Minh adalah pemimpin perjuangan kemerdekaan Vietnam melawan Jepang, Prancis, dan Amerika Serikat. Ia menggelorakan pembebasan Vietnam dan menjadi simbol kemerdekaan Vietnam.

Setelah kematian Ho Chi Minh, Vietnam mengabadikan namanya dengan mengubah Kota Saigon menjadi Ho Chi Minh City, yang merupakan kota terbesar di Vietnam.

Sebelumnya diketahui, mengawali kunjungan kerjanya ke Vietnam, Prabowo melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Nasional Republik Sosialis Vietnam Jenderal Phan V?n Giang, di Kementerian Pertahanan Vietnam, Hanoi, Jumat (13/5). 

Menhan Prabowo Subianto diterima dengan hangat dan menggunakan upacara jajar kehormatan.

Prabowo Subianto menilai, pertemuan bilateral tingkat menteri ini sebagai forum sangat penting bagi kedua negara untuk berkomunikasi, dalam meningkatkan kerja sama pertahanan yang telah terjalin baik selama ini.

“Saya melihat masih banyak ruang yang bisa dijajaki, terutama membangun rasa saling percaya sesama negara ASEAN dan meningkatkan kerja sama angkatan bersenjata serta pengembangan sektor industri pertahanan kedua negara,” ujar Prabowo dikutip dari akun Twitter resmi Kemenhan, Jumat (13/5).sinpo

Komentar: