Kilang Minyak Pertamina Di Balikpapan Terbakar Lagi, 1 Orang Tewas

Laporan: Azhar Ferdian
Minggu, 15 Mei 2022 | 20:27 WIB
Kilang Minyak di Balikpapan terbakar/Net
Kilang Minyak di Balikpapan terbakar/Net

SinPo.id - Kilang milik PT Kilang Pertamina yang berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (15/5) terbakar. Satu orang pekerja kontraktor tewas dalam insiden kebakaran ini.

Manager Comm, Rel & CSR Refinery Unit VI Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional, Ely Chandra mengatakan, api dipadamkan sekitar pukul 11.31 WITA.

"Tim pemadam di Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex," kata Ely dalam keterangannya.

Disampaikan Ely, ada tiga orang pekerja yang menjadi korban. Dua korban yang merupakan pekerja dari kontraktor terpapar panas dan telah selesai menjalani perawatan di klinik.

"Sedangkan satu orang lagi tidak berhasil diselamatkan merupakan pekerja kontraktor," ucap Ely.

Ely menuturkan saat ini Plant 5 juga dihentikan operasionalnya untuk sementara waktu. Diketahui, Plant tersebut menghasilkan bahan baku gasoline.

Untuk memenuhi kebutuhan produksi bahan baku, kata dia, akan dilakukan pengoptimalan stok di tangki dan pengaturan produksi di kilang Balikpapan.

"Saat ini tim internal terus melakukan upaya recovery operasional Kilang Balikpapan agar segera kembali beroperasi maksimal. Untuk sementara waktu, alih suplai sedang disiapkan, berkoordinasi dengan Pertamina Group untuk memastikan tidak adanya gangguan dalam suplai BBM kepada masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, GM Kilang Balikpapan, Wahyu Sulistyo Wibowo menyampaikan rasa bela sungkawa atas berpulangnya korban.

"Kami akan memastikan penanganan akan dilaksanakan semaksimal mungkin kepada semua korban," ucap Wahyu.
 sinpo

Komentar: