Sampel Bocah Di Polewali Bergejala Hepatitis Akut Dikirim Ke Jakarta

Laporan: Azhar Ferdian
Senin, 16 Mei 2022 | 01:14 WIB
Hepatitis nmisterius/Net
Hepatitis nmisterius/Net

SinPo.id - Tim dokter Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Makassar, mengirimkan sampel pasien anak asal Polewali Mandar yang mengalami gejala mirip hepatitis akut ke Jakarta.

"Sampel sudah dikirim. Mungkin menunggu hasilnya 3 atau 4 hari ke depan untuk konfirmasinya, termasuk konfirmasi rubella-nya dan konfirmasi lebih lanjut," kata pelaksana teknis Direktur Medik, Keperawatan, dan Penunjang RS Wahidin, Nu'man AS Daud, Minggu (15/5).

Menurut Nu'man, tim dokter menemukan dugaan infeksi rubella dan tanda infeksi di saluran empedu. Namun, belum diketahui infeksi itu membuat enzim hati pasien bisa mencapai 1.000.

Hingga saat ini, dokter memberikan obat-obatan sandang. Mereka juga terus mengobservasi ketat pasien tersebut. Nu'man menjabarkan, tim dokter memperhatikan dua hal penting.

"Yang pertama kesadaran menurun. Dari awal kesadaran pasien ini tidak menurun. Kedua, fungsi hati faktor-faktor pembekuan darah. Ini sudah tiga kali kita periksa dalam batas normal dari awal sampai sekarang masih baik," tuturnya.

Nu'man mengatakan, mereka mengirimkan sampel ke Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan konfirmasi lengkap terkait gejala yang mirip hepatitis akut, termasuk hasil konfirmasi penyakit rubella, juga hepatitis E dan Delta.

"Lab kita di sini sudah cukup, tapi hanya untuk mengklarifikasi. Kita tidak ingin kecolongan sehingga untuk lebih lengkap kita minta second opinion laboratorium yang kedua. Mungkin ada pemeriksaan-pemeriksaan dibutuhkan. Nanti kita lihat perkembangannya," ucapnya.

Nu'man menyebutkan, hingga saat ini pihak Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo masih menangani satu pasien yang mengalami gejala mirip dengan hepatitis akut.

"Sampai hari ini, kita baru menerima satu pasien yang terduga baik itu anak, dan belum ada kasus untuk dewasa," kata Nu'man.sinpo

Komentar: