Sekjen NATO Yakin Ukraina Bisa Memenangkan Perang Melawan Rusia

Laporan: Samsudin
Senin, 16 Mei 2022 | 09:20 WIB
Sekjen NATO Jens Stoltenberg/REUTERS
Sekjen NATO Jens Stoltenberg/REUTERS

SinPo.id - Kepala Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg mengatakan bahwa Ukraina bisa memenangkan perang melawan Rusia. Hal itu dia sampaikan saat berbicara tentang keinginan Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan aliansi tersebut.

“Ukraina bisa memenangkan perang ini. Ukraina dengan berani membela tanah air mereka,” kata Stoltenberg setelah pertemuan NATO di Jerman.

Kemajuan militer Rusia tampaknya goyah, katanya, seraya menambahkan bahwa NATO harus terus meningkatkan dukungan militernya ke negara itu.

“Perang Rusia di Ukraina tidak berjalan seperti yang direncanakan Moskow. Mereka gagal merebut Kiev. Mereka mundur dari sekitar Kharkiv. Serangan besar mereka di Donbas telah terhenti. Rusia tidak mencapai tujuan strategisnya,” tambahnya.

Sebuah penilaian oleh intelijen militer Inggris menemukan bahwa Rusia telah kehilangan sekitar sepertiga dari pasukan tempur darat yang dikerahkan pada Februari. Serangan Donbas-nya telah jatuh "jauh di belakang jadwal" dan tidak mungkin membuat kemajuan pesat selama 30 hari mendatang, kata penilaian itu.sinpo

Komentar: