Update Kecelakaan Bus Yang Tewaskan 4 Korban Di Ciamis, Polisi Duga Karena Rem Blong

Laporan: Samsudin
Senin, 23 Mei 2022 | 11:41 WIB
Kondisi bus Pariwisata menabrak rumah warga di Ciamis/Antara Foto
Kondisi bus Pariwisata menabrak rumah warga di Ciamis/Antara Foto

SinPo.id - Pihak Kepolisian Resor Ciamis kembali memperbaruai kasus kecelakaan bus pariwisata yang merenggut nyawa empat korban, kemarin. Dugaan sementara, kecelakaan itu disebabkan karena bus mengalami rem blong.

Kecelakaan bus pariwisata itu menyebabkan 24 orang harus dievakuasi ke tempat fasilitas pelayanan kesehatan setempat, sebanyak delapan orang sudah diperbolehkan pulang, dan sisanya menjalani perawatan medis.

Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro menyatakan hasil olah tempat kejadian perkara menyimpulkan dugaan sementara kecelakaan bus pariwisata pandawa itu akibat rem blong sehingga lajunya tidak terkendali.

"Untuk sementara, dugaan awal karena rem blong, namun nanti akan kami lengkapi dengan saksi lain dan bukti di TKP," kata Tony.


Masih dari keterangannya, anggotanya sudah melakukan olah tkp sejak Minggu pagi. Pihaknya juga telah mengevakuasi dan menyita bangkai bus pariwisata ke Polres Ciamis.

Saat ini, polisi masih mengumpulkan keterangan saksi untuk mengetahui lebih jelas penyebab kecelakaan. Hal itu termasuk ada atau tidaknya unsur kelalaian.

"Terkait kelalaian, nanti akan melalui proses penyelidikan. Kami mohon waktu ya," ujarnya menambahkan.

Ia menyampaikan saat ini Polres Ciamis masih mencari keberadaan sopir bus yang dikabarkan melarikan diri setelah kejadian kecelakaan itu.

Polres Ciamis, kata dia, sudah menanyakan ke pihak perusahaan bus terkait keberadaan sopir dan menyampaikan alasan kabur karena takut diamuk massa.

"Kami belum bisa menyimpulkan dia kabur atau takut diamuk massa, namun ada jaminan perusahaan untuk mendatangkan sopir," katanya.sinpo

Komentar: