Jokowi Tugaskan Kemlu Bantu Pemulangan Jenazah Eril Ke Tanah Air

Laporan: Ari Harahap
Jumat, 10 Juni 2022 | 15:50 WIB
Emmeril Khan Mumtadz/net
Emmeril Khan Mumtadz/net

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo menugaskan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) agar memberikan bantuan maksimal untuk memproses kepulangan jenazah anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, ke Tanah Air.

Diketahui, Eril sebelumnya hilang selama saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss. Putra sulung Ridwan Kamil itu ditemukan di bendungan Engelhade setelah 14 hari menghilang.

“Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri, kepada Dubes untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia,” ujar Jokowi di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/6).

“Kita harapkan Insya Allah bisa segera terlaksana pemulangan jenazahnya,” tambah dia.

Jokowi mengaku sudah berkomunikasi dengan Ridwan Kamil untuk menyampaikan dukacita atas meninggalnya Eril. Jokowi bersyukur jenazah kini sudah ditemukan.

"Ya saya sudah 2 hari yang lalu saya sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan dukacita yang mendalam, tapi alhamudillah sudah ditemukan," ujar Jokowi.

Seperti diketahui, jenazah Eril ditemukan polisi Bern pada Rabu (8/6) pagi waktu setempat. Posisi jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engelham.

Jenazah Eril ditemukan di bendungan setelah pertama kali dilaporkan hilang sejak Kamis (26/5). Jasad Eril ditemukan lebih cepat dibandingkan para korban yang sebelumnya pernah menjadi korban di Sungai Aare.

Jasad Eril sendiri telah diserahkan kepada keluarga. Selanjutnya jasad Eril akan di bawa ke Indonesia. KBRI Bern pun memastikan akan melakukan pengawalan hingga jasad Eril tiba di Indonesia.sinpo

Komentar: