Masyarakat Diminta Tak Panik Soal Corona Varian BA.4 Dan BA.5

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 14 Juni 2022 | 11:49 WIB
Kapuskes Wisma Atlet, Mayjen Budiman/net
Kapuskes Wisma Atlet, Mayjen Budiman/net

SinPo.id -  Kepala Pusat Kesehatan Wisma Atlet TNI Mayjen Budiman meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik terhadap penyebaran virus Corona varian BA.4 dan BA.5.

Diketahui, dua varian tersebut saat ini terdeteksi telah masuk ke tanah air.

"Tidak perlu panik, kan Indonesia adalah salah satu negara yang berhasil mengendalikan COVID-19 dengan jumlah penduduk yang sangat banyak kita termasuk yang berhasil," kata Budiman kepada wartawan, Selasa (14/6)

Budiman mengatakan COVID-19 varian BA.4 dan BA.5 diprediksi tidak menyebabkan penyebaran kasus separah saat puncak varian Omicron. Varian baru ini, kata Budiman, tidak menyebabkan gejala yang parah.

"Akan tetapi sebetulnya kita tidak perlu takut ini sudah bisa diprediksi ya, apalagi kalau kita membaca BA.4 BA.5 itu sendiri sebetulnya ke salah satu varian Omicron yang ternyata tidak signifikan menimbulkan gejala yang berat tidak, jadi kita tidak perlu takut itu hanya pemeriksaan saja," katanya.

Varian BA.4 dan BA.5 ditentukan dengan pemeriksaan lebih spesifik, yakni dengan Whole Genome Sequencing (WGS) oleh Litbangkes. Dia mengatakan kondisi akan aman selama masyarakat mematuhi protokol kesehatan pencegahan Corona.

"Kita landai-landai saja sebetulnya jumlah pasien meningkat yang jelas protokol kesehatan tetap dilakukan, bahwa saat ini memang pemerintah sedang menentukan terutama di area di dalam ruang tertutup kita menggunakan masker, tetap cuci tangan dan sebagainya," katanya.sinpo

Komentar: