PSSI Pastikan Shin Tae-yong Tetap Latih Timnas Indonesia Senior

Laporan: Sinpo
Jumat, 17 Juni 2022 | 03:07 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong/Net
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong/Net

SinPo.id - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan Shin Tae-yong akan tetap menangani Timnas Indonesia senior di Piala Asia 2023.

Hal itu diucapkan Iriawan dalam jamuan dan ramah tamah dengan pemain, pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia di Hotel Fairmont, Senayan, Kamis (16/6).

Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia jadi faktor PSSI tidak 'mendegradasi' Shin Tae Yong ke timnas Indonesia U-20.

"Demikian, kemarin kami diskusikan kembali. Karena hasil luar biasa ya [di Piala Asia 2023], jadi senior masih dipegang sama Shin Tae Yong," kata Iriawan kepada wartawan pada Kamis (16/6) malam.

Karena ditetapkan sebagai pelatih Timnas senior, Iriawan tak bisa menjamin posisi pelatih asal Korea Selatan itu untuk Timnas U-23.

Satu yang pasti, posisi Shin Tae Yong sebagai pelatih Timnas U-19 (U-20) yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 juga tak akan diganggu gugat.

"Kalau Timnas U-23 kita liat nanti. Yang jelas senior sama U-20 sudah pasti. Nanti kami berdiskusi dengan yang bersangkutan. Kalau beliau mau U-23, silakan. Yang jelas senior dan U-20 dipegang Shin," ucap Iriawan menjelaskan.

Sementara itu untuk Indonesia kemungkinan maju sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, belum ditetapkan. PSSI akan menimbang dengan saksama bersama Komite Eksekutif, konsultasi ke AFC, dan FIFA.

"Kita tunggu dulu [tuan rumah Piala Asia 2023]. Fokus kita Piala Dunia U-20 2023. Kita liat perkembangannya. Nanti berikutnya kita akan jelaskan masalah kita host untuk Piala Asia 2023 yang jelas Piala Dunia nomor satu," kata Iriawan menegaskan.

Pada pekan pertama bulan ini Mochamad Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan Shin Tae Yong keteteran menangani tiga level Timnas Indonesia: Senior, U-23, dan U-19.

Karena itu juga PSSI dan Anggota Exco sepakat ingin Shin Tae Yong hanya fokus ke Timnas U-19 demi Piala Dunia U-20 2023 dan meninggalkan Timnas Indonesia senior.sinpo

Komentar: