Yandri Susanto Resmi Dilantik Jadi Wakil Ketua MPR RI Gantikan Zulhas

Laporan: Farez
Kamis, 30 Juni 2022 | 15:20 WIB
Suasana pelantikan Wakil Ketua MPR baru/SinPo.id
Suasana pelantikan Wakil Ketua MPR baru/SinPo.id

SinPo.id -  Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto resmi dilantik sebagai Wakil Ketua MPR RI menggantikan Zulkifli Hasan (Zulhas) yang kini menjabat Menteri Perdagangan (Mendag) pada hari ini Kamis (30/6).

Prosesi pelantikan Yandri yang sebelumnya menjabat Ketua Komisi VIII DPR RI dari fraksi PAN itu dipimpin langsung Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6).

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Ketua MPR dengan sebaik baiknya dan seadil adilnya bahwa saya akan memegang teguh Pancasila dan menegakan UUD NRI 1945 serta peraturan perundang undangan," ucap Yandri saat membacakan sumpah.

"Bahwa saya akan menegakkan kehidupan demokrasi serta berbakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudukan tujuan nasional demi kepentingan bangsa kesatuan Republik Indonesia," lanjutnya.

Saat ditembusi seusai pelantikan, Yandri berterimakasih kepada kedua orang tuanya dan seluruh keluarga besar, juga kepada Ketum PAN Zulkifili Hasan yang telah mempercayainya untuk menjabat pimpinan MPR RI dari fraksi PAN.

"Terima kasih juga kepada ketua umum PAN, ketua fraksi PAN di MPR dan di DPR, saya bukan siapa-siapa, saya juga bukan orang hebat, PAN lah yang membuat saya seperti ini," kata Yandri.

Yandri menegaskan, dirinya akan menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Wakil Ketua MPR RI dengan sebaik-baiknya. Ia juga menyebut bahwa ada pesan khusus yang diberikan Zulkifli Hasan kepadanya.

"Pesan khususnya ya karena sudah di wakil ketua MPR RI tentu sudah harus menjadi negarawan. Artinya hal-hal yang menyangkut tentang politik kenegaraan, kebangsaan harus dikedepankan," demikian Yandri.

Hadir saat pelantikan antara lain pimpinan MPR RI, yakni Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, dan Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani. Kemudian, Mendagri Tito Karnavian, dan sejumlah kader PAN.sinpo

Komentar: