PSSI Bakal Layangkan Surat Protes ke AFF Terkait Laga Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022

Laporan: Sinpo
Senin, 11 Juli 2022 | 08:35 WIB
Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19. Foto: Istimewa
Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19. Foto: Istimewa

SinPo.id - PSSI bakal melayangkan surat protes ke AFF terkait adanya dugaan sepakbola gajah di laga Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19 yang berlangsung di matchday pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022, Minggu 10 Juli 2022. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku sangat dirugikan atas hasil laga Vietnam vs Thailand yang berujung 1-1.

"Kami akan membicarakannya terlebih dahulu di PSSI. Kami akan menyampaikan kami cukup dirugikan," pria yang karib disapa Iwan Bule itu saat ditemui di Stadion Patriot Candrabhaga, mengutip dari Antara.

PSSI mempertanyakan pertandingan Thailand melawan Vietnam karena kedua tim dianggap tidak berniat mencetak gol setelah skor 1-1 dalam laga yang di Stadion Madya Gelora Bung Karno.

Baik Vietnam dan Thailand memang sama-sama lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 jika kedudukan imbang dengan gol, semisal 1-1, 2-2 dan seterusnya. Hasil itu otomatis membuat Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022, meski di laga lain skuad asuhan Shin Tae-yong menang 5-1 atas Myanmar.

"Kami akan mendiskusikannya secara internal besok (hari ini). Kami akan memutar kembali video pertandingan dan menganalisisnya dengan beberapa pihak termasuk direktur teknik sebelum memastikan apakah kami akan mengajukan protes,” tukas Iwan Bule.

“Kami tidak bisa menilai apakah ada 'permainan' atau tidak. Nanti yang bisa menilai adalah Komisi Disiplin AFF. Yang jelas kami kecewa. Mereka (Thailand dan Vietnam-red) adalah negara besar, masa permainannya begitu-begitu saja," sambung Iwan Bule.

Timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski mengalahkan Myanmar dengan skor 5-1 pada laga pamungkas Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu 10 Juli 2022 malam WIB.

Timnas Indonesia U-19 gagal ke empat besar lantaran pertandingan terakhir lain Grup A yakni Vietnam versus Thailand berakhir 1-1. Timnas Indonesia U-19 kalah head-to-head dari dua tim tersebut.

Dengan demikian, dua tim terbaik Grup A yang menyegel tempat di semifinal adalah Vietnam sebagai juara grup dan Thailand di peringkat kedua. Bagi Timnas Indonesia U-19, terakhir kali Garuda Nusantara gagal lolos dari fase grup Piala AFF U-19 terjadi pada 2016.

 sinpo

Komentar: