Gagal Bawa Timnas Indonesia U-19 ke Semifinal Piala AFF U-19 2022, PSSI Tetap Pertahankan Shin Tae-yong

Laporan: Sinpo
Senin, 11 Juli 2022 | 08:55 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Foto: Istimewa
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Foto: Istimewa

SinPo.id - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan Shin Tae-yong tetap menjadi  pelatih Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur tetap aman, meski Timnas Indonesia U-19 tersingkir di fase grup Piala AFF U-19 2022. 

Mochamad Iriawan mengakui, dibawah asuhan Shin Tae-yong performa Timnas Indonesia U-19 terus menanjak, sehingga tak ada alasan untuk memberhentikan juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

"Shin Tae-yong masih terus melatih. Sebab, kami melihat perkembangan anak-anak luar biasa," kata Mochamad Iriawan saat ditemui di Stadion Patriot Candrabhaga, mengutip dari Antara.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, Timnas Indonesia U-19 menunjukan performa bagus di Piala AFF U-19 2022. Dari lima laga, Timnas Indonesia U-19 tidak pernah kalah dan meraup tiga kemenangan.

Skuad berjuluk Garuda Nusantara juga menjadi skuad tersubur turnamen dengan membuat total 17 gol dan hanya kebobolan dua gol. Rotasi pemain yang dilakukan Shin Tae-yong juga berjalan sukses, salah satunya di laga Timnas Indonesia U-19 vs Filipina dan Myanmar.

"Di luar dugaan, ketika pemain cadangan dimainkan, ternyata kualitasnya hampir sama dengan pemain inti. Berarti Shin Tae-yong betul-betul mempunyai talenta luar biasa. Anak-anak juga memiliki 'chemistry' (ikatan emosional-red) dengan dia," tutur Iriawan.

Namun, torehan apik di atas tak cukup mengantarkan Timnas Indonesia U-19 ke semifinal Piala AFF U-19 2022 karena kalah head-to-head dari Vietnam dan Thailand. 
Vietnam dan Thailand bermain 1-1 yang membuat Vietnam keluar sebagai juara grup dan Thailand peringkat kedua Grup A.

PSSI terganggu dengan skor imbang itu. Mereka menganggap Vietnam dan Thailand bertanding tanpa niat mencetak gol setelah kondisi sama kuat 1-1.

Padahal, bila seandainya Vietnam dan Thailand saling mengalahkan, Timnas Indonesia U-19 akan mengunci satu tempat di semifinal. Sebab, di saat bersamaan, Timnas Indonesia U-19 mengandaskan Myanmar 5-1.

"Untuk kelolosan ke semifinal, memang ada regulasi yang mengatur. Namun, apa yang dilakukan Vietnam dan Thailand seharusnya tidak boleh terjadi mengingat mereka tim besar," kata Iwan Bule.

Timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski mengalahkan Myanmar dengan skor 5-1 pada laga pamungkas Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu 10 Juli 2022 malam WIB.

Timnas Indonesia U-19 gagal ke empat besar lantaran pertandingan terakhir lain Grup A yakni Vietnam versus Thailand berakhir 1-1. Timnas Indonesia kalah U-19 head-to-head dari dua tim tersebut.

Dengan demikian, dua tim terbaik Grup A yang menyegel tempat di semifinal Piala AFF U-19 2022 adalah Vietnam sebagai juara grup dan Thailand di peringkat kedua. Bagi Timnas Indonesia U-19, terakhir kali skuad Garuda Nusantara gagal lolos dari fase grup Piala AFF U-19 terjadi pada 2016.

 sinpo

Komentar: