China Hukum 230.000 Terdakwa Kasus Kejahatan Geng dan Mafia Selama Kurun Waktu Tiga Tahun

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 19 Juli 2022 | 10:08 WIB
Ilustrasi Gengster. Foto: Istimewa
Ilustrasi Gengster. Foto: Istimewa

SinPo.id - Pemerintah China berhasil meringkus dan memenjarakan 230.000 mafia dan 2.987 orang yang bertindak sebagai pelindung mereka sejak 2018 hingga 2021. Hal itu sebagai komitmen negeri tirai bambu tersebut dalam menciptakan negara yang aman. 

Kejaksaan Agung (SPP) menegaskan, pihaknya menindak para pelaku dan lingkarannya agar kejahatan segera musnah dari negara itu, meskipun ada banyak tantangan dan pekerjaan yang  membutuhkan kekuatan penuh.  

"China meluncurkan kampanye nasional untuk menindak kejahatan geng dari 2018 hingga 2021, terutama kejahatan kekerasan berat yang membahayakan rasa aman masyarakat dan mereka yang menindas perempuan dan anak," kata Kejaksaan Agung (SPP) dalam konferensi pers, Senin, dilansir dari Global Times, Selasa 19  Juli 2022.

SPP mengungkapkan, lebih dari 8.580.000 tersangka kriminal telah ditangkap dan 14.900.000 tersangka diadili dari tahun 2013 hingga akhir Juni 2022.

"Jumlah orang yang terlibat dalam kejahatan kekerasan serius dan dituntut oleh organ kejaksaan turun dari 108.000 pada tahun 2013 menjadi 59.000 pada tahun 2021," tutur SPP.

SPP mencantumkan penghancuran kasus-kasus kompleks termasuk kasus yang melibatkan kepala mafia Sun Xiaoguo sebagai bukti tekad lembaga hukum untuk memberi tindakan keras terhadap geng-geng mafia.

Sun dieksekusi pada tahun 2020 dalam kasus pemerkosaan dan penyerangan yang disengaja setelah berulang kali lolos dari hukuman sejak 1990-an.

Penjahat lainnya adalah Du Shaoping yang juga dieksekusi pada 2020. Ia ditangkap setelah 16 tahun diketahu membunuh seorang anak laki-laki dan mengubur mayatnya di bawah lapangan olahraga sekolah di Provinsi Hunan, Tiongkok Tengah.

Pelindung mereka, termasuk pejabat pemerintah yang membantu mereka menghindari hukuman dan penyelidikan untuk waktu yang lama, semuanya telah dihukum juga.

Kementerian Keamanan Publik mengatakan, lebih dari 72.000 tersangka telah ditangkap sejak dimulainya kampanye nasional 100 hari pada 25 Juni. Kampanye itu bertujuan untuk menghancurkan perilaku ilegal dari para geng dan pelindung mereka.

Otoritas keamanan publik setempat telah mendukung kampanye 100 hari dan 5.010 penjahat telah ditangkap di Henan, China Tengah, sementara 693 tersangka ditangkap di Hebei.

Para ahli mencatat bahwa terlepas dari tantangan dan kerumitan dalam memberantas kejahatan geng, kampanye nasional 100 hari pasti akan meningkatkan rasa aman publik dan memperbaiki situasi jaminan sosial.

"Kampanye tersebut merupakan bagian dari upaya besar yang dilakukan China dengan tekad besar dalam beberapa tahun terakhir untuk menindak kejahatan geng, yang tidak mudah, karena beberapa kelompok mirip mafia mendapat dukungan dan perlindungan dari pejabat lokal," kata Wang Hongwei, seorang profesor di Sekolah Administrasi dan Kebijakan Publik Universitas Renmin China.

Kampanye itu dilakukan setelah peristiwa serangan brutal restoran di Tangshan Provinsi Hebei China Utara, yang segera memicu kemarahan publik dan kekhawatiran atas jaminan sosial.

Pihak berwenang Tangshan kemudian meluncurkan kampanye khusus melawan kejahatan di seluruh kota dengan pukulan keras dan tanpa ampun.

"Kejahatan geng sebenarnya telah ada di seluruh dunia untuk waktu yang sangat lama, tetapi serangan semacam itu hanya akan membuat publik terkejut dan ketakutan yang lebih besar karena situasi kekerasan dapat disajikan dengan jelas dan gamblang kepada mereka melalui gambar dan video di internet," kata Zhang Yiwu, seorang profesor sastra Tiongkok di Universitas Peking.

"Persyaratan yang lebih tinggi untuk menjamin keamanan publik telah dibuat di era media mandiri, yang berarti pemerintah China perlu menghancurkan kejahatan semacam itu dengan cara yang lebih dalam dan komprehensif untuk lebih meningkatkan rasa aman masyarakat," kata Zhang. 

 sinpo

Komentar: