Masyarakat Diminta Waspadai Varian Baru Omricon BA.2.75

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 19 Juli 2022 | 23:00 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id - Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengingatkan jika angka penularan covid-19 di Indonesia mulai merambat naik kembali, apalagi muncul subvarian terbaru yaitu Omricon BA.2.75.

Oleh sebabnya ini harus menjadi perhatian serius bagi semua pihak dan masyarakat dapat mewaspadai tanpa harus panik.

"Belum mereda Subvarian Omricon BA.4 dan BA.5, kini muncul varian baru yang berpotensi lebih menular yakni BA.2.75 sudah terdeteksi di Indonesia, ucap Rahmad seperti dikutip di laman dpr.go.id, Selasa 19 Juli 2022.

Rahmad menjelaskan, Varian BA.2.75 ini pertama kali terdeteksi di India pada bulan Mei lalu, yang menurut keterangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) penularannya lebih cepat dari varian BA.5.

Bahkan WHO mengkategorikan subvarian ini sebagai Variant Of Concern (VOC) Lineage Under Monotoring (LUM) yang berarti varian ini tengah diawasi secara ketat oleh WHO.

"Memang varian baru ini belum membebani rumah sakit maupun lebih beresiko dibandingkan Delta dari data yang ada, tetapi berkaca dari kasus yang terjadi di beberapa negara, misalnya Amerika, di mana saat ini kasus Covid di negara Paman Sam tersebut 80 persen didominasi varian BA.2," tutur dia.

"Maka fakta ini harus membuat kita semakin waspada sebab covid masih ada dan kita belum tahu kapan berakhir,” ujar Rahmad.sinpo

Komentar: