Buruh Bakal Demo Soal UMP Hari Ini, Wagub: Kami Hormati

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 20 Juli 2022 | 10:09 WIB
Wagub DKI Jakarta, Riza Patria/SinPo.id/Zikri
Wagub DKI Jakarta, Riza Patria/SinPo.id/Zikri

SinPo.id -  Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh Indonesia dikabarkan akan menggelar aksi unjuk rasa di Balai Kota DKI Jakarta hari ini, Rabu 20 Juli 2022.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan, pihaknya menghormati kehendak buruh yang akan melakukan aksi unjuk rasa tersebut.

"Ya, itu kami hormati. Negara kita negara hukum, yang penting (unjuk rasanya) tertib," kata Riza kepada wartawan di Balaikota DKI Jakarta, Selasa 19 Juli 2022 malam.

Riza menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) saat ini masih mengkaji dan mengevaluasi soal putusan PTUN tersebut. Ia berharap masyarakat mau menunggu selama tenggang waktu proses pengajuan banding.

"Apakah banding atau tidak banding, nanti kita tunggu. Kan sampai tanggal 29 Juli 2022 batasnya (pengajuan banding)," tutur Riza.

Sebelumnya diketahui, KSPI mengancam akan melakukan demo besar-besaran jika Anies tidak mengajukan banding atas putusan PTUN Jakarta yang menurunkan UMP DKI Jakarta 2022 dari Rp4.641.854 menjadi Rp Rp4.573.8454.

"Bilamana Gubernur Anies tidak melakukan banding, maka kaum buruh akan melakukan aksi besar-besaran," kata Said Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 13 Juli 2022.

Unjuk rasa yang dilakukan KSPI dan Partai Buruh ini terkait putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta yang mengabulkan revisi upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta.
sinpo

Komentar: