Sembilan Tahun Hilang, AS Kembali Temukan Kasus Polio Baru

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 23 Juli 2022 | 03:48 WIB
Ilustrasi vaksin polio (SinPo.id/Pixabay)
Ilustrasi vaksin polio (SinPo.id/Pixabay)

SinPo.id - Kasus polio kembali ditemukan di Amerika Serikat setelah terakhir dilaporkan pada 2013 silam. Kasus polio terakhir dialami seorang bayi berusia tujuh bulan yang baru pindah ke AS dari India.

Kasus polio kali ini ditemukan di New York, pada Kamis, 21 Juli 2022. Kasus ini ditemukan pada seorang remaja yang tidak bepergian ke luar negeri.

Penderita polio tersebut sempat dirawat di rumah sakit, namun kini telah diperbolehkan pulang. Ia sempat mengalami kelumpuhan akibat virus tersebut.

Pejabat kesehatan setempat menyebut, penderita polio itu memang belum melakukan vaksinasi.

"Dia itu belum divaksinasi polio, namun juga tidak lagi dapat menularkan virus," ujarnya seperti dikutip dari USA Today

Keterangan dari Departemen Kesehatan setempat, pengurutan pada kasus tersebut menunjukkan kalau virus polio yang menginfeksi orang tersebut berupa Sabin tipe 2 revertan. Itu menunjuk pada rantai penularan dari individu yang menerima vaksin polio oral yang lebih tua dan belum digunakan di AS selama lebih dari dua dekade.

Diperkirakan kasus baru tersebut berasal dari seseorang yang mendapatkan vaksin oral itu di luar AS, sehingga menyebarkan jenis virus yang diturunkan dari vaksin.

Pada kasus terakhir tahun 2013, anak yang terinfeksi juga memiliki jenis polio sama pada kandungan vaksin hidup yang digunakan di negara lain.sinpo

Komentar: