Kepala Staf AL Australia Kunjungi Indonesia, Identifikasi Peluang Kolaborasi

Laporan: Sinpo
Senin, 25 Juli 2022 | 12:40 WIB
Ilustrasi diplomasi (SinPo.id/pixabay.com)
Ilustrasi diplomasi (SinPo.id/pixabay.com)

SinPo.id -  Kepala Staf Angkatan Laut Australia, Laksamana Madya Mark Hammond, AM, RAN berkunjung ke Indonesia, sebagai kunjungan perdana resmi usai dilantik. Agenda kunjungan menggelar  sejumlah pertemuan, termasuk dengan mitra kerjanya dari Indonesia, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana Yudo Margono.

“Saya sangat menantikan pertemuan dengan Laksamana Yudo untuk membahas rencana mendatang dan kerja sama yang lebih erat,” kata Laksamana Madya Mark Hammond, dalam pernyataan resmi, Senin, 25 Juli 2022.

Hammond mengunjungi Jakarta dari 24 hinga 26 Juli besok. Meski tergolong singkat, namun kunjungan itu dinilai penting di awal masa jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Laut Australia yang baru.

“Berkunjung ke Indonesia sesegera mungkin menjadi prioritas saya. Ini adalah hubungan luar negeri pertama saya sebagai Kepala Staf Angkatan Laut Australia, dan Indonesia adalah salah satu sahabat terdekat dan mitra strategis terpenting,” kata Hammond menambahkan.

Selama berada di Indonesia, Hammond akan memiliki kesempatan untuk berbincang dengan para mahasiswa di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut di Jakarta. Ia mengaku senang dapat bertemu dengan Laksamana Yudo dan juga berbicara di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut. “Ini adalah hubungan yang langgeng dan harmonis; dan yang akan terus menjaga agar kawasan Indo Pasifik tetap aman dan sejahtera,” kata Hammond menjelaskan.

Tercatat VADM Hammond memiliki karir yang panjang sebagai awak kapal selam dan mengomandani HMAS Farncomb. Dia memiliki pengalaman berlayar di kapal selam nuklir Prancis, Inggris dan AS, kapal selam Australia dan Belanda, dan berbagai kelas kapal permukaan.

Sedangkan Australia dan Indonesia berbagi salah satu batas maritim terpanjang di dunia – lebih dari 2.200 mil dan memiliki sejarah panjang dalam melakukan pendidikan, pelatihan, dan kegiatan bersama. Kunjungan ini akan memperkuat hubungan Angkatan Laut Australia dan Indonesia dan juga meningkatkan keamanan dan keselamatan maritim di kawasan bersama kita.sinpo

Komentar: