Hadapi Sanksi Barat, Rusia Minta Dukungan Uganda

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 26 Juli 2022 | 14:51 WIB
Suasana perang Rusia-Ukraina/AFP
Suasana perang Rusia-Ukraina/AFP

SinPo.id -  Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, dikabarkan mengunjungi Uganda dalam rangka mencari dukungan untuk menghadapi sanksi Barat atas invasi Rusia ke Ukraina.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, pembicaraan diplomatis dengan Presiden Uganda, Yoweri Museveni, akan diadakan hari ini, 26 Juli 2022.

"Diplomat top Rusia itu dijadwalkan untuk mengadakan pembicaraan hari ini dengan Presiden Uganda Yoweri Museveni," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, seperti dikutip dari VoA, Selasa 26 Juli 2022.

Dalam keterangan tertulis, Sergey Lavrov mengatakan bahwa dirinya sangat menghargai posisi negara-negara Afrika yang terkena dampak dari perang di Ukraina.

"Kami menghargai posisi Afrika yang dipertimbangkan sehubungan dengan situasi di dalam dan sekitar Ukraina," tuturnya.

Seperti diketahui, Uganda merupakan salah satu dari beberapa negara di Afrika Timur yang menderita kekurangan pangan. Terlebih pasokan pangan di negara tersebut juga semakin menurun akibat dari invasi Rusia ke Ukraina.

Meski demikian, seperti kebanyakan negara di Afrika, Uganda tetap netral dalam konflik. Walaupun negara-negara Barat menyalahkan Rusia atas melonjaknya harga pangan global yang memicu risiko kelaparan di Tanduk Afrika.sinpo

Komentar: