Suap Bupati Membramo Tengah, KPK Geledah Rumah dan Sita Mobil di Tangsel

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 26 Juli 2022 | 19:56 WIB
Plt Jubir KPK, Ali Fikri (SinPo.id/Anam)
Plt Jubir KPK, Ali Fikri (SinPo.id/Anam)

SinPo.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah dan menyita mobil yang diduga milik tersangka Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (RHP). Rumah tersebut berada wilayah kota Tangerang Selatan, Banten. 

Penggeledahan dan penyitaan aset tersebut dilakukan pada Jumat 22 Juli 2022 terkait kasus suap serta gratifikasi terkait pelaksanaan berbagai proyek di Pemkab Mamberamo Tengah, Provinsi Papua.

"Tim Penyidik telah selesai melakukan upaya paksa penggeledahan dan penyitaan terhadap beberapa aset dengan nilai ekonomis yang diduga milik tersangka RHP," kata pelaksana tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan di Jakarta, Selasa 26 Juli 2022.

Ali menjelaskan, selanjutnya aset-aset yang disita tersebut akan dianalisis dan dikonfirmasi kepada saksi-saksi dan tersangka. Hal ini guna melengkapi berkas perkara penyidikan.

"Penyitaan aset ini juga sebagai bagian upaya awal pemulihan hasil tindak pidana korupsi yang dinikmati para pelaku korupsi," ujar Ali.

Dalam perkara ini, KPK sudah resmi menetapkan nama Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Ricky saat ini diduga telah melarikan diri ke Papua Nugini.

Sebagaimana diketahui, Ricky Ham saat ini telah bersetatus sebagai tersangka atas kasus dugaan suap dan gratifikasi mengenai pelaksanaan beberapa proyek di Pemkab Mamberamo Tengah, Provinsi Papua.

Saat hendak dijemput paksa tim penyidik, Ricky berhasil melarikan diri. Lembaga antirasuah mengancam akan mengenakan Pasal 21 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor), kepada berbagai pihak yang membantu proses pelarian Ricky.

Pada Rabu, 6 Juli 2022, KPK telah melakukan penggeledahan di beberapa lokasi Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jakarta Pusat dan Kabupaten Sleman, DIY.

Salah satu lokasi tersebut yakni rumah kediaman dan apartemen milik Ricky. Di sana, tim KPK menemukan dan menyita seluruh dokumen transaksi aliran uang yang diduga berhubungan dengan kasus ini.sinpo

Komentar: