Update PSE: Dota dan Paypal Belum Registrasi ke Kemenkominfo

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 29 Juli 2022 | 17:51 WIB
Semuel Abrijani/SinPo.id/Bayu Primanda
Semuel Abrijani/SinPo.id/Bayu Primanda

SinPo.id -  Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) melalui Ditjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) membeberkan sejumlah penyedia sistem elektronik (PSE) yang beroperasi di Indonesia belum melakukan registrasi.

Dalam hal ini, Semuel Abrijani selaku Dirjen Aptika membeberkan terdapat 12 PSE yang telah disurati oleh Kominfo dan dari 12 PSE tersebut.

Dikatakan Semuel bahwa dua diantaranya telah mendaftar, sementara sisanya masih alpa.

“Yang kita suratin ada 12 yang udah daftar ada 2 dan yang 10 masih kita tunggu” ujar Semuel dalam konferensi pers di kawasan Jakarta Pusat, Jumat, 29 Juli 2022.

Adapun, dua PSE yang dimaksud adalah LinkedIn dan Alibaba.

Sementara, sepuluh yang masih belum mendaftar ke Kominfo mencakup aplikasi Paypal, Yahoo search engine, Bing search engine, Epic Games, Amazon e-commerce, Steam, Dota, Counter Strike, Battle Net, dan Origin.

Semuel mengingatkan, jika tidak mendaftar hingga pukul 23:59 pada hari ini, maka layanan-layanan tersebut tidak dapat diakses dari Indonesia.

“Kalau mereka engga daftar sampai pukul 23:59 saya sekali lagi minta maaf kepada masyarakat, layanan ini engga bisa diakses dari Indonesia.” tegas dia.

Adapun jumlah PSE yang sejauh ini telah melakukan registrasi sejauh telah mencapai ribuan dan masih akan terus bertambah.

“Per hari ini, tanggal 29 Juli 2022, pukul 10:00 WIB kita catat ada 5.380 institusi yang daftarkan 8.962 SE yang terdiri dari 8.680 domestik dan 282 SE asing.” kata Semuel.sinpo

Komentar: