Dewan Pers SinPo

KPK Berharap Transformasi Digital Dapat Cegah Korupsi Secara Efektif

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 03 Agustus 2022 | 17:27 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron. Foto: Tangkapan layar
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron. Foto: Tangkapan layar

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron, berharap agar digitalisasi data benar-benar dapat mencegah korupsi secara efektif.

Menurutnya, selama ini akar masalah korupsi ada pada persoalan integritas. Baik integritas manusianya maupun integritas data.

"Pencegahan korupsi bisa selesai jika digitalisasi data antar stakeholder yang berkepentingan dalam suatu program berjalan secara komprehensif, integrasi, efektif dan efisien," kata Ghufron dalam webinar Digitalisasi Sebagai Sarana Pencegahan Korupsi, Rabu 3 Agustus 2022.

Pihaknya juga berharap, dalam digitalisasi ini akan ada keterpaduan antar stake holder yang berkepentingan dalam satu program. Sehingga memungkinkan setiap program menjadi lebih efektif dan efisien.

"KPK berharap, digitalisasi akan melahirkan banyak hal yang lebih positif. Seperti data semakin terintegrasi, jumlah, progam, dan waktu akan lebih tepat," tuturnya.

Selain itu, transformasi digital ini juga diharapkan semakin efisien dan real time. Sehingga, tidak ada lagi jeda waktu, dan dapat mematangkan birokrasi, membuat pelayanan semakin cepat.

"Hal ini diharapkan dapat membuat relasi masyarakat dan pelaku usaha dengan birokrasi menjadi relatif berkurang. Jadi, semuanya berjalan secara fair, tidak ada lagi karena si X, si Y," pungkasnya.

 sinpo

Komentar: