Tutup ASEAN Para Games, Jokowi: Disabilitas Bisa Mencetak Sejuta Prestasi

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 22:31 WIB
Presiden Jokowi saat menutup ASEAN Para Games (SinPo.id/Setkab)
Presiden Jokowi saat menutup ASEAN Para Games (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menutup ASEAN Para Games XI Tahun 2022 (APG 2022) di Stadion Manahan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu, 6 Agustus 2022 malam.

Pesta olahraga difabel terbesar di Asia Tenggara ini telah berlangsung sejak tanggal 30 Juli 2022. 

“Dengan mengucap puji syukur kepada Allah SWT, Alhamdulillahirabbilalamin ASEAN Para Games XI Tahun 2022 saya nyatakan ditutup malam hari ini,” ujar Jokowi seperti disitat dari laman setkab.go.id.

Jokowi mengaku bangga karena Indonesia berhasil menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI Tahun 2022. Jokowi juga mengapresiasi para atlet yang telah berpartisipasi pada perhelatan ini.

“Terima kasih telah memberikan pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan. Dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas mampu mencetak sejuta prestasi,” ujarnya.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dan menyukseskan APG 2022.

“Terima kasih kepada APSF (ASEAN Para Sports Federation),  kemudian International Sports Federation, NPC (National Paralympic Committees) dan Komite Nasional ASEAN Para Games XI. Saya juga berterima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Surakarta, masyarakat Kota Solo dan Solo Raya yang telah menjadi tuan rumah yang sangat ramah,” ujarnya.

Menurut Jokowi, solidaritas antarbangsa ASEAN yang ditunjukkan oleh para atlet APG 2022 akan menjadi kekuatan besar bagi ASEAN dan bagi penyandang disabilitas.

“Kita mendukung terus setiap inisiatif dari penyandang disabilitas,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Presiden Jokowi meyampaikan ajakan untuk menyukseskan APG XII Tahun 2023 yang akan diselenggarakan di Kamboja.

“Atas nama masyarakat Indonesia, saya menyampaikan banyak-banyak terima kasih kepada Wakil Ketua Komite Paralimpik Nasional Kamboja Mr. Hun Many yang hadir di acara ini dan berkenan menjadi tuan rumah tahun depan. Kita sukseskan ASEAN Para Games XII tahun depan di Kamboja,” pungkasnya.sinpo

Komentar: