Pramono Anung: Jokowi Umumkan Menpan-RB Pengganti Mendiang Tjahjo Dalam Waktu Dekat, Pastinya Dari PDIP

Laporan: Tri Bowo Santoso
Selasa, 09 Agustus 2022 | 05:56 WIB
Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. Foto: Istimewa
Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. Foto: Istimewa

SinPo.id - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Presiden Joko Widodo akan mengumumkan nama  Menpan-RB yang baru pengganti almarhum Tjahjo Kumolo.

Namun, Pramono belum menjelaskan secara detail waktu pengumumannya. Dia hanya mengatakan dalam waktu dekat.

"[Ada reshuffle untuk] penggantian tadi," kata Pramono di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin,  8 Agustus 2022.

Pramono hanya memastikan bahwa figur yang akan megisi posisi Menpan-RB berasal dari PDIP. Sosok itu akan ditentukan oleh Presiden Joko Widodo melalui hasil diskusi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kemarin Bu Mega juga baru kembali dari luar negeri, kebetulan ada wisuda putra-putri Ibu Puan sehingga waktunya mungkin dalam waktu dekat ini akan segera dibahas, tetapi nama-namanya sudah ada," kata Pramono Anung.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022. Hingga kini, Jokowi belum menentukan pengganti Tjahjo. Posisi Tjahjo ditangani sementara oleh Menko Polhukam Mahfud MD.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengaku telah meminta Presiden Jokowi agar mengumumkan Menpan-RB yang baru usai 40 hari Tjahjo Kumolo meninggal dunia.

"Tentu saja berbagai pertimbangan dilakukan Ketua Umum dan disampaikan ke Presiden Jokowi, tinggal momentum waktunya. Itulah yang kami harap paling tidak setelah 40 hari wafatnya Pak Tjahjo," kata Hasto pada 22 Juli lalu.

"Kami mohon waktu ke bapak presiden yang disampaikan dari Bu Mega bahwa 40 hari itu adalah masa duka cita sesuai tradisi kita," sambung Hasto.
 

 sinpo

Komentar: