Indonesia Harus Antisipasi Krisis Energi Primer, Khususnya Batu Bara

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 09 Agustus 2022 | 15:26 WIB
Ilustrasi batu bara (Ist)
Ilustrasi batu bara (Ist)

SinPo.id - Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto, mengatakan bahwa Indonesia harus mengantisipasi potensi terjadinya krisis energi primer khususnya batu bara bagi ketenagalistrikan dan industri.

"Krisis batubara di Tanah Air harus segera disikapi serius, dan menjadi perhatian bersama," kata Sugeng, saat memimpin rapat di DPR, Selasa 9 Agustus 2022.

Pihaknya juga mendesak agar Kementerian ESDM mengeluarkan kebijakan yang menjamin pemenuhan kebutuhan domestik energi primer tersebut. 

"Di awal tahun ini pemerintah sempat menyetop ekspor batu bara walau hanya sesaat. Tapi Perlu diingatkan kembali bahwa Indonesia sudah memiliki Domestic Market Obligation (DMO) untuk memperkuat ketahanan energi nasional," paparnya.

Menurutnya, kebijakan dari Kementrian ESDM dan PT PLN (Persero) dalam menjamin pemenuhan kebutuhan domestik energi primer ini sangatlah penting. Sehingga masalah entitas batu bara bisa terselesaikan.

"Progres realisasi entitas khusus batu bara ini diharapkan menjadi solusi pemenuhan DMO, khususnya dalam menghadapi perbedaan harga global dan domestik yang sangat signifikan," kata Sugeng menambahkan.sinpo

Komentar: